Perspektif Efektifitas Hukum Dan Hukum Ekonomi Syariah Tentang Penggunaan E-Materai Dalam Transaksi Jual Beli Online Di Shopee

Mazida, Wildan Habib (2023) Perspektif Efektifitas Hukum Dan Hukum Ekonomi Syariah Tentang Penggunaan E-Materai Dalam Transaksi Jual Beli Online Di Shopee. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
E-THESIS WILDAN HABIB MAZIDA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci/keywords: Undang-undang No 10 Tahun 2020 tentang Bea materai, Shopee,efektifitas Hukum dan Hukum Ekonomi Syari’ah.
Studi Kasus terhadap konsumen jual beli online E-Commerce Shopee tentang efektifitas penerapan Undang-undang No 10 tahun 2020 tentang bea materai, dimana dalam aturan undang-undang tersebut dijelaskan bahwa transaksi 5 juta rupiah ke atas hendaknya menggunakan e-materai dengan tujuan agar jual beli yang dilakukan memiliki legalitas dan kepastian hukum, namun pada praktiknya Shopee belum memberlakukan peraturan tersebut dan banyak masyarakat yang belum mengetahui dan melaksanakan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana Tinjauan Efektivitas Hukum dan Hukum Ekonomi Syari’ah Terhadap Penggunaan E-Materai Dalam Transaksi Jual Beli Online Di Shopee ? (2) Bagaimana Tinjauan Eefektifitas Hukum dan Hukum Ekonomi Syari’ah Terhadap Implikasi Penggunaan E-Materai Dalam Transaksi Jual Beli Online Di Shopee ?
Adapun penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan dengan menggunakan pendekatan studi kasus (case study). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data induktif, yaitu proses berfikir dari fakta empiris yang didapat dari lapangan kemudian dianalisis dan berakhir dengan kesimpulan terhadap permasalahan yang diteliti.
Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa UU No 10 tahun 2020 tentang Bea Materai belum efektif, karena belum memenuhi syarat-syarat. Berdasarkan teori efektifitas hukum ada beberapa syarat hukum dapat dikatakan efektif . Syarat tersebut diantaranya adalah aparat penegak hukum yang belum melaksanakan tugas secara maksimal, sarana dan fasilitas yang belum mampu memberikan wadah untuk masyarakat melaksanakan aturan tersebut dan syarat terakhir yang belum terpenuhi adalah faktor masyarakat yang kurang memiliki kesadaran dan kepatuhan hukum. Sementara penggunaan e meterai dalam jual beli online di shopee sangat diperlukan jika di atas nominal yang telah disepakati dalam undang-undang, jika tidak dilaksanakan akan dikenai sanksi administratif berupa pencabutan izin usaha, penahanan izin usaha dan pembatalan izin usaha.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Ilham Tanzilulloh
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Nov 2023 01:37
Last Modified: 20 Nov 2023 01:37
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26117

Actions (login required)

View Item View Item