..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)..Manajemen Peserta Didik dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di MTs An-Najiyyah Lengkong Ponorogo

Safriani, Lia (2023) ..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)..Manajemen Peserta Didik dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di MTs An-Najiyyah Lengkong Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
206190041_LIA SAFRIANI_MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kualitas pendidikan di Indonesia menempati peringkat ke-57 dimana jauh
tertinggal dari Negara di Asia Tenggara untuk itu dibutuhkan sebuah manajemen
peserta didik yang memiliki manfaat penting bagi peserta didik, tidak hanya untuk
memastikan hak-hak mereka dalam menempuh pendidikan, tetapi juga untuk
meningkatkan hasil belajar. Jika hak-hak pendidikan terpenuhi, peserta didik dapat
dengan mudah meningkatkan potensi dalam dirinya, terutama dalam hal hasil
belajar. Kurangnya partisipasi dan keaktifan siswa dapat menyebabkan kurangnya
pemahaman terhadap materi yang disampaikan oleh guru dan berdampak pada hasil
belajar siswa yang menurun. Untuk itu manajemen peserta didik berguna untuk
mengelola dan merangsang seluruh potensi yang ada di diri peserta didik terutama
dalam meningkatkan hasil belajar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode
studi kasus, dengan teknik pengumpulan data penelitian berupa wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian dilakukan
dengan tiga tahapan yaitu, kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan peningkatan
ketekunan, triangulasi sumber dan triangulasi teknik
Hasil dari penelitian ini diperoleh data bahwa: (1) Perencanaan peserta didik
dalam meningkatkan hasil belajar yaitu dengan mengacu pada RKTM (Rencana
Kerja Tahunan Madrasah) dan RPP (Rencana Pelaksanaan Pendidikan) dengan
membentuk tim PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru), rekrutmen peserta didik,
pengenalan lingkungan sekolah, pembinaan peserta didik berupa perencanaan
program pembelajaran sampai evaluasi peserta didik. (2) Pembinaan peserta didik
dalam meningkatkan hasil belajar siswa yaitu melalui program penerapan belajar
efektif dengan menggunakan metode yang bervariasi yaitu metode mind mapping,
diskusi, tanya jawab dan ceramah, program melatih siswa presentasi materi belajar
dan program bina prestasi yang mencakup akademik dan non-akademik (3)
Evaluasi peserta didik dalam meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan
ulangan harian, penilaian akhir semester, dan kegiatan LPJ (Laporan Pertanggung
Jawaban) yang dilakukan siswa ke tenaga pendidik masing-masing mata pelajaran
berupa mengerjakan tugas atau soal yang ada di LKS, hasil evaluasi hasil belajar
dapat berupa siswa yang memahami materi belajar dan mendapatkan nilai stabil
diatas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) sedangkan hasil evaluasi bina prestasi
dapat berupa tes atau tanya jawab untuk melihat pemahaman siswa terhadap materi
dan mendapatkan pencapaian berupa prestasi dalam mengikuti perlombaan dan
untuk siswa yang tidak memenuhi KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) akan
diberikan remedial, penugasan ataupun materi tambahan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Aris Nurbawani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Nov 2023 01:36
Last Modified: 20 Nov 2023 01:36
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26115

Actions (login required)

View Item View Item