..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG)..EFEKTIVITAS PENGELOLAAN HARTA WAKAF PRODUKTIF DI PONDOK PESANTREN HASAN MUNADI PONOROGO

Azimi, Mohamad Rofingul (2023) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG)..EFEKTIVITAS PENGELOLAAN HARTA WAKAF PRODUKTIF DI PONDOK PESANTREN HASAN MUNADI PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
211617028_MOHAMAD ROFINGUL 'AZIMI SKRIPSI FILE.pdf

Download (1MB)

Abstract

Azimi, Mohammad Rofingul. Efektivitas Pengelolaan Harta Wakaf Produktif di Pondok Pesantren Hasan Munadi Ponorogo. Skripsi. 2023. Jurusan Manajemen Zakat dan Wakaf, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing; Iza Hanifuddin, M. Ag., Ph.D
Kata Kunci: Efektivitas, Wakaf, Produktif
Efektivitas merupakan suatu hubungan yang berkaitan atas kesesuaian antara orang yang melaksanakan tugas dengan sasaran yang dituju. terdapat indikator sebagai tolok ukur efektivitas; ketepatan sasaran, sosialisasi, tujuan dan pemantauan atau monitoring. Penelitian ini bertujuan mengalisis efektivitas dalam pengelolaan harta wakaf produktif, hambatan dan pendukung, serta dampaknya di Pondok Pesantren Hasan Munadi Ponorogo.
Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan desfriptif kualitatif. Sumber data utama adalah wawancara kepada pengelola wakaf produktif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pengeolaan wakaf produktif di Pondok Pesantren Hasan Munadi efektif, mengacu pada keempat indikator efektivitas sudah terpenuhi, (2) Faktor penghambat dalam mengelola wakaf produktif perkebunan adalah ketika musim kemarau sulit dalam pengairan, tanaman diserang hama peternakan terserang penyakit dan faktor pendukung semua elemen pondok pesantren dan masyarakat mendukung. Dampak dari pengelolaan wakaf produktif adalah positif, dibuktikan dengan meningkatnya perekonomian pondok pesantren dan masyarakat setempat kebutuhan perekonomian terpenuhi sehingga mampu mensejahterakan lingkungan pondok pesantren maupun masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Iza Hanifuddin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Nov 2023 01:30
Last Modified: 20 Nov 2023 01:30
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26111

Actions (login required)

View Item View Item