Manajemen Risiko Operasional Pada Kolam Pemancingan Harian Panji Ponorogo

Zakiyatun Nisa', Zahroh (2023) Manajemen Risiko Operasional Pada Kolam Pemancingan Harian Panji Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Zahroh Zakiyatun Nisa_401180130_E-Theesis(4).pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Nisa, Zahroh Zakiyatun. 2023. Manajemen Risiko Operasional pada Kolam Pemancingan Harian Panji Ponorogo. Skripsi. Jurusan Ekonomi Syariah. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Mansur Azis, M.S.I.
Kata Kunci : Manajemen, Risiko Operasional, Kolam Pemancingan Harian Panji Ponorogo.
Kolam Pemancingan Harian Panji merupakan salah satu usaha yang bergerak di bidang rekreasi dan hiburan. Usaha tersebut sudah sejak tahun 2019 hingga saat ini. Dalam menjalankan usahanya Kolam Pemancingan ini menghadapi beberapa risiko operasional, yaitu risiko internal, risiko eksternal, risiko teknologi dan risiko proses. Oleh karena itu, penelitian ini merumuskan masalah untuk mengetahui:(1) risiko operasional pada Kolam Pemancingan Harian Panji (2) pengelolaan risiko pada Kolam Pemancingan Harian Panji dan (3) dampak penerapan manajemen risiko operasional pada Kolam Pemancingan Harian Panji.
Metode dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field research). Data yang dikumpulkan melalui metode wawancara, observasi. Metode analisa pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu menganalisis manajemen risiko operasional yang ada pada Kolam Pemancingan Harian Panji Ponorogo.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) risiko operasional pada Kolam Pemancingan Harian Panji menurut manajemen risiko operasional yaitu, risiko internal, risiko eksternal, risiko teknologi dan risiko proses. (2) pengelolaan risiko yang dilakukan di usaha Kolam Pemancingan yaitu dengan penghindaran risiko dan penahanan risiko. Kolam Pemancingan ini belum mengelola risiko dengan menggunakan cara diverifikasi, pendanaan risiko yang ditahan serta pengalihan risiko. (3) dampak yang ditimbulkan dari penerapan manajemen risiko operasional yaitu peningkatan keputusan, pengurangan kerugian, peningkatan efisiensi operasional, peningkatan keselamatan dan kesehatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mansur Azis
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Nov 2023 01:29
Last Modified: 20 Nov 2023 01:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26110

Actions (login required)

View Item View Item