Progam Kegitan Ekstrakurikuler Keagamaan Dalam Mengembangkan Bakat dan Minat Siswa SMA Kyai Ageng Basyariyah Madiun

Suratno Putra, Muhammad Ainul Yaqin (2023) Progam Kegitan Ekstrakurikuler Keagamaan Dalam Mengembangkan Bakat dan Minat Siswa SMA Kyai Ageng Basyariyah Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
SKRIPSI MUHAMMAD AINUL YAQIN SURATNO PUTRA (Upload E-Thesis).pdf

Download (1MB)

Abstract

Ekstrakurikuler merupakan pemikiran dalam dunia pendidikan sebagai upaya pengembangan potensi bakat dan minat siswa, yang dinilai tepat dalam menyalurkan dan menumbuhkan bakat mereka yang tidak bisa diperoleh dalam kegiatan pembelajaran didalam kelas. Namun disisi lain ada beberapa permasalahan yang muncul dari pelaksanaan kegitan tersebut, diantaranya kurangnya antusias, belum bisa dan belum lancar membaca dan menulis al-Qur’an, membolos untuk mengikuti kegiatan, dan kurangnya rasa tanggung jawab.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan bagaimana implementasi kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dalam mengembangkan bakat dan minat siswa SMA Kyai Ageng Basyariyah Madiun, (2) Mendeskripsikan bagaimana problem dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dalam mengembangkan bakat dan minat siswa SMA Kyai Ageng Basyariyah Madiun, (3) Mendeskripsikan bagaimana dampak dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dalam mengembangkan bakat dan minat siswa SMA Kyai Ageng Basyariyah Madiun.
Adapun penelitian ini dirancang dengan menggunakan metode deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah teknik Miles dan Hubermen yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data yaitu triangulasi.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa: (1) Implementasi kegiatan ekstrakurikuler keagaman di SMA Kyai Ageng Basyariyah dilaksanakan seminggu sekali setiap kamis setelah waktu pembelajaran dimulai pukul 14.30-15.30. disisi lain implementasi esktrakurikuler hadroh masih vakum. (2) Problem dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di SMA Kyai Ageng Basyariyah, problem umum meliputi waktu dan motivasi. Problem khusus meliputi vakumnya kegiatan hadroh, mendengungnya pengeras suara, kepercayaan diri rendah, intonasi, pengambilan nafas dan nada yang kurang tepat, proker dan berita acara atau absesnsi yang belum jadi, siswa belum bisa dan belum lancar membaca al-Qur’an dan buku iqro’ yang tidak tersedia. (3) Dampak dari kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di SMA Kyai Ageng Basyariyah. Dampak positif siswa yang sebelumnya tidak bisa, sekarang sudah bisa dan tau bermacam-macam lagu, perlahan bisa mempelajari nada dan intonasi, rasa percaya diri meningkat, semakin lancar membaca al-Qur’an dan tau bagaimana membaca al-Qur’an dengan baik dan benar serta tertanamnya nilai-nilai agama seperti nilai keimanan, nilai ibadah, dan nilai akhlak. Dampak negatif, tidak maksimalnya proker dan menghambat keaktifan siswa, perkembangan siswa kurang maksimal, data siswa menjadi terdata dengan baik, bakat siswa tidak dapat terasah dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Sulton
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Nov 2023 01:28
Last Modified: 20 Nov 2023 01:28
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26109

Actions (login required)

View Item View Item