..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PENGESAHAN, UPLOAD ULANG)..MANAJEMEN STRATEGI DALAM MEMPERKUAT KARAKTER RELIGIUS DAN KEDISIPLINAN SISWA DI MA'HAD RONGGO WARSITO MAN 2 PONOROGO

Hartanto, Iwan Hartanto (2023) ..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PENGESAHAN, UPLOAD ULANG)..MANAJEMEN STRATEGI DALAM MEMPERKUAT KARAKTER RELIGIUS DAN KEDISIPLINAN SISWA DI MA'HAD RONGGO WARSITO MAN 2 PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190115_IWAN HARTANTO_PAI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hartanto, Iwan. 2023. Manajemen Strategi dalam Memperkuat Karakter Religius dan Kedisiplinan Siswa di Ma’had Ronggo Warsito MAN 2 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Fata Asyrofi Yahya, M.Pd.I.
Kata Kunci: Manajemen Strategi, Karter Religius, Kedisiplinan, Ma’had
Karakter religius dan kedisiplinan siswa belakangan ini merupakan problem yang perlu diperhatikan. Sama halnya MAN 2 Ponorogo, belakang ini sering terjadi penyimpangan di kalangan siswa berkaitan dengan karakter religius dan kedisiplinan. Mulai dari ada siswi yang engan melaksanakan salat berjamaah dengan alasan haid, ada pula dari mereka yang tidak tertib masuk sekolah, dan membolos. Untuk mengatasi fenomena tersebut maka diperlukan sebuah manajemen strategi sehingga karakter religius dan kedisiplinan siswa dapat tertanam kuat di dalam diri siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perencanaan manajemen strategi dalam memperkuat karakter religius dan kedisiplinan. (2) Pelaksanaan manajemen strategi dalam memperkuat karakter religius dan kedisiplinan. (3) Evaluasi manajemen strategi dalam memperkuat karakter religius dan kedisiplinan. (4) Keberhasilan manajemen strategi dalam memperkuat karakter religius dan kedisiplinan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Selanjutnya pengecekan keabsahan penelitian yaitu menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triagulasi.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1) Perencanaan manajemen strategi dalam memperkuat karakter religius dan kedisiplinan siswa melalui menentukan visi dan misi, mengidentifikasi peluang dan ancaman, menentukan kekuatan dan kelemahan, menentukan tujuan-tujuan yang dapat dicapai, dan pengembangan strategi. (2) Pelaksanaan manajemen strategi dalam memperkuat karakter religius dan kedisiplinan melalui menetapkan sasaran tahunan, membuat kebijakan, memotivasi karyawan, dan mengalokasikan sumber daya. (3) Evaluasi manajemen strategi dalam memperkuat karakter religius dan kedisiplinan meliputi menilai variabel internal dan eksternal, menilai hasil kerja secara keseluruhan, dan melakukan kegiatan korektif terhadap pelaksanaan selama ini. (4) Keberhasilan manajemen strategi dalam memperkuat karakter religius dan kedisiplinan meliputi pencapaian indikator-indikator dari karakter religius dan kedisiplinan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fata Asyrofi Yahya
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Nov 2023 01:27
Last Modified: 20 Nov 2023 01:27
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26106

Actions (login required)

View Item View Item