Tingkat Pemahaman Nasabah Tentang Bagi Hasil Dan Bunga di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo

Fauzi, Mufid (2023) Tingkat Pemahaman Nasabah Tentang Bagi Hasil Dan Bunga di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Etheses.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Fauzi, Mufid. Tingkat Pemahaman Nasabah Tentang Bagi Hasil Dan Bunga di BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo. Skripsi. 2023. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Candra Febrilyantri, M.Ak.
Kata Kunci: Pemahaman, Nasabah, Bagi Hasil dan Bunga
Pengetahuan tentang bagi hasil dan bunga sangat penting untuk dipahami, terutama bagi calon nasabah yang akan bertransaksi di bank syariah. Berdasarkan pengamatan peneliti bahwa nasabah masih banyak yang belum paham mengenai perbedaan antara bagi hasil dan bunga BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo.
Penelitian yang dilakukan di BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo ini menggunakan jenis penelitian lapangan (Field Research). Adapun sifat pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang dibutuhkan dalam penelitian yaitu sumber data primer yang diperoleh secara langsung dari sumber aslinya. Dalam hal ini sumber data diperoleh dari narasumber (informan) melalui wawancara dengan pihak-pihak yang terkait dengan pemahaman tentang perbankan syariah.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemahaman dari nasabah BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo tentang bagi hasil dan bunga di bank syariah yaitu nasabah hanya sekedar tahu adanya bank syariah tetapi tidak paham tentang sistem bagi hasil secara detail. Hanya sebagian nasabah yang paham tentang bagi hasil, bahkan ada yang sama sekali tidak tahu mengenai bagi hasil. Kurangnya pemahaman dari nasabah dikarenakan minimnya informasi yang didapatkan dari pihak BPRS maupun media-media seperti televisi, media cetak serta media sosial yang menyebabkan masyarakat tidak mengetahui tentang bagi hasil serta perbedaannya dengan bunga.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Candra Febriliyantri
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Nov 2023 01:25
Last Modified: 20 Nov 2023 01:25
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26105

Actions (login required)

View Item View Item