STRATEGI PENGHIMPUNAN ZAKAT INFAQ DAN SEDEKAH PADA MASA PANDEMI COVID 19 MELALUI DIGITAL FUNDRAISING DI LAZNAS YATIM MANDIRI PONOROGO

Wijayanti, Dyah Rahayu (2023) STRATEGI PENGHIMPUNAN ZAKAT INFAQ DAN SEDEKAH PADA MASA PANDEMI COVID 19 MELALUI DIGITAL FUNDRAISING DI LAZNAS YATIM MANDIRI PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
211617025_DYAH RAHAYU WIJAYANTI .pdf

Download (2MB)

Abstract

Wijayanti,Dyah Rahayu. Strategi Penghimpunan Dana Zakat, Infaq dan Sedekah Pada Masa Pandemi Covid 19 Melalui Digital Fundraising di LAZNAS Yatim Mandiri Ponorogo, Skripsi. 2023. Jurusan Manajemen Zakat dan Wakaf, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Iza Hanifuddin, Ph.D.
Kata kunci : Strategi, Digital Fundraising, Yatim Mandiri
Pandemi Covid 19 yang melanda di seluruh dunia termasuk di Indonesia mengakibatkan perubahan paradigma dan landscap dalam pengelolaan zakat. Kondisi ini mendorong Lembaga Yatim Mandiri Ponorogo untuk melakukan trobosan serta inovasi dalam pengelolaannya khusunya dalam penghimpunan dana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi digital fundraising yang diterapkan oleh Lembaga Yatim Mandiri Ponorogo, faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan strategi digital fundraising dan dampak stratetegi digital fundraising di masa pandemi covid 19.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode pendekatan lapangan (field reseach). Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode strategi yang digunakan oleh Lembaga Yatim Mandiri Ponorogo di masa pandemi covid 19 adalah metode strategi fundraising langsung (direct fundraising) dan strategi fundraising tidak langsung (indirect fundraising). Tahapan strategi yang di jalankan adalah dengan menentukan target muzakki, mempersiapkan sumber daya dan membangun komunikasi. Dalam perumusan strateginya Lembaga Yatim Mandiri Ponorogo menerapkan konsep manajmen. Dan pemasaran dalam strategi fundraising dilakukan untuk menghubungkan Lembaga Yatim Mandiri Ponorogo dengan donatur dan calon donatur. Faktor yang menjadi penghambat dalam strategi fundraising di Lembaga Yatim Mandiri Ponorogo adalah adaptasi yang masih kurang, terdapat biaya tambahan ketika menggunakan platform pihak ketiga dan kehawatiran masyarakat dalam berdonasi melalui media digital. Sedangkan factor pendukung adalah lembaga Yatim Mandiri Ponorogo memiliki program yang menarik, memiliki platfrom tanamberkah dan memiliki relawan. Damapak dari penggunaan media digital adalah memberikan kemudahan bagi lembaga, adanya perubahan perilaku masyarakat dalam berdonasi di masa pandemi, terdapat penurunan donasi di masa pandemi dan adanya peningkatan muzakki sekitar 6-7%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Iza Hanifuddin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Nov 2023 01:21
Last Modified: 20 Nov 2023 01:21
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26098

Actions (login required)

View Item View Item