Gaya Hidup Shopaholic Seabagai Bentuk Perilaku Konsumtif di Kalangan Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Ponorogo)

Khoiriyah, Wahidatul (2023) Gaya Hidup Shopaholic Seabagai Bentuk Perilaku Konsumtif di Kalangan Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Wahidatul K-Skripsi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Khoiriyah, Wahidatul, Gaya Hidup Shopaholic Sebagai Bentuk Perilaku Konsumtif di Kalangan Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Ponorogo). Skripsi. 2023. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Ponorogo, Pembimbing: Dr. H. Luthfi Hadi Aminuddin, M.Ag.
Kata kunci: Gaya Hidup, Shopaholic, Perilaku Konsumtif.
Gaya hidup shopaholic merupakan salah satu bentuk perilku konsumtif dimana individu mengeluarkan uang secara berlebihan untuk berbelanja barang-barang yang diinginkannya. Mahasiswa yang memiliki gaya hidup shopaholic cenderung memiliki standar hidup yang tinggi.
Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pola gaya hidup shopaholic di kalangan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Ponorogo, menganalisis faktor yang mempengaruhi gaya hidup shopaholic mahasiswa, dan menganalisis dampak yang ditimbulkan dari adanya gaya hidup shopaholic. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian field research (penelitian lapangan). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan observasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola gaya hidup shopaholic di kalangan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam cenderung memiliki standar hidup yang tinggi, berbelanja secara belebihan tanpa mempertimbangkan perbedaan antara kebutuhan dan keinginan. Adapun faktor yang mempengaruhi gaya hidup shopaholic mahasiswa, diataranya: 1) faktor dari diri sendiri, 2) faktor dari keluarga, 3) faktor dari lingkungan pergaulan. Sedangkan dampak yang ditimbulkan akibat adanya gaya hidup shpopaholic diantaranya: 1) dampak positif, yaitu mengikuti perkembangan zaman, sebagai penghilang setres, 2) dampak negatif, yaitu: mahasiswa menjadi boros, berperilaku konsumtif, dan kecanduan

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Luthfi Hadi Aminuddin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Nov 2023 01:15
Last Modified: 20 Nov 2023 01:15
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26093

Actions (login required)

View Item View Item