Strategi Madrasah Diniyah dalam Meningkatkan Dimensi Pendidikan Islam pada Peserta Didik (Studi Kasus di Madrasah Diniyah Al-Hikmah Desa Tempuran, Sawoo, Ponorogo)

Amanaturrohim, Ridho (2023) Strategi Madrasah Diniyah dalam Meningkatkan Dimensi Pendidikan Islam pada Peserta Didik (Studi Kasus di Madrasah Diniyah Al-Hikmah Desa Tempuran, Sawoo, Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190231_Ridho_Amanaturrohim_Pendidikan_Agama_Islam.pdf

Download (1MB)

Abstract

Amanaturrohim, Ridho. 2023. Strategi Madrasah Diniyah dalam Meningkatkan Dimensi Pendidikan Islam pada Peserta Didik (Studi Kasus di Madrasah Diniyah Al-Hikmah Desa Tempuran, Sawoo, Ponorogo) Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Zeni Murtafiati Mizani, M.Pd.I.
Kata Kunci : Strategi Madrasah Diniyah, Dimensi Pendidikan Islam, Al-Hikmah

Penelitian ini dilatar belakangi oleh menurunnya akhlak dan keberagamaan bagi anak disebabkan karena konsumsi internet yang berlebihan membuat anak menjadi kecanduan serta ditambah pergaulan bebas. Karena disisi lain masih banyak anak yang kurang mendapatkan asupan pendidikan agama Islam di dalam keluarga, hal ini terjadi karena kesibukan orang tua peserta didik.
Di tambah dengan minimnya sarana pendidikan agama Islam yang memadai di lokasi tersebut. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana (1) Strategi madrasah diniyah dalam meningkatkan dimensi akhlak. (2) Strategi madrasah diniyah dalam meningkatkan dimensi keberagamaan. (3) Implikasi strategi yang dilakukan madrasah diniyah pada akhlak dan keberagamaan peserta didik di Madrasah Diniyah Al-Hikmah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus, dengan teknik menggunakan pengumpulan data penelitian berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data wawancara dalam penelitian ini antara lain Kepala Madrasah Diniyah, Ustadz Madrasah Diniyah, Perwakilan Wali Murid, dan Perwakilan Peserta Didik. Teknik analisis data dalam dalam penelitian dilakukan dengan tiga tahapan yaitu, kondensi data, penyajian data, kesimpulan. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan peningkatan ketekunan, triangulasi, sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Strategi madrasah diniyah dalam meningkatkan dimensi akhlak peserta didik di Madrasah Diniyah Al-Hikmah yaitu dengan pembelajaran dengan metode sorogan, pembiasaan berupa membiasakan peserta didik untuk berkata jujur, berperilaku yang sopan mengucapkan salam, dan keteladanan berupa mengajak santri berjama’ah di masjid, memberikan nasihat, penghargaan dan (punishment) hukuman. (2) Strategi madrasah diniyah dalam meningkatkan keberagamaan peserta didik di Madrasah Diniyah Al-Hikmah yaitu dengan melalui praktik-praktik keagamaan. Adapun praktik keagamaan yang dilakuan seperti Praktik sorogan Al-Quran, praktik wudhu, praktik sholat berjamaah, praktek barzanji, hafalan juz amma, praktik muhadhoroh. (3) Implikasi strategi yang dilakukan madrasah diniyah pada akhlak dan keberagamaan peserta didik di madrasah diniyah Al-Hikmah menunjukkan kepada perubahan ke arah yang lebih baik. perubahan pada akhlak dapat disaksikan dari perilaku mereka di kehidupan sehari hari, ditandai dengan anak yang mulai membiasakan untuk berprilaku sopan dan santun kepada orang tua maupun guru, tidak berbicara kotor mudah untuk dinasihati. Selain itu perubahan pada keberagamaanya seperti adanya peningkatan dalam ibadah dan praktik agamanya, ditandai dengan mampu membaca dan menghafal Al-Quran, mempraktikkan wudhu, melaksanakan sholat, dan ibadah-ibadah lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Zeni Murtafiati Mizani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Nov 2023 01:03
Last Modified: 20 Nov 2023 01:03
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26087

Actions (login required)

View Item View Item