Pengaruh Pemahaman Tokoh Agama Terhadap Penentuan Arah Kiblat (Studi Kasus Di Masjid Rahmatal Lil 'Alamin Kelurahan Ronowijayan Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo)

Al Awali, Muhammad Nasrudin (2023) Pengaruh Pemahaman Tokoh Agama Terhadap Penentuan Arah Kiblat (Studi Kasus Di Masjid Rahmatal Lil 'Alamin Kelurahan Ronowijayan Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI - MUHAMMAD NASRUDIN AL AWALI - 210117034.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci/keyword: Pemahaman, Tokoh Agama, Arah Kiblat.

Pemahaman tokoh agama dalam penentuan arah kiblat masjid rahamatan lil ‘alain karena pada saat penentuan arah kiblat masjid ini ditanyakan pada tokoh agama, akan tetapi dalam praktiknya penentuannya menggukan metode manual dan tidak menggunkan alat-alat yang modern atau menggunakan metode-metode yang baku yang ada pada ilmu falak seperti azimuth kiblat, bayang-bayang kibla, bayangan harian, kompas, teodholit dan lain sebagainya. sedangkan dalam masalah Ibadah itu harus bener-benar sesuai dengan syariat.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pengaruh pemahaman tokoh agama terhadap urgensi penentuan arah kiblat Masjid Rahmatal lil ‘alamiin di Kelurahan Ronowijayan Kecamatna Siman Kabupaten Ponorogo? (2) Bagaimana penentuan arah kiblat Masjid Rahmatal lil ‘alamiin di Kelurahan Ronowijayan Kecamatna Siman Kabupaten Ponorogo?
Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian lapangan menggunakan metode kualitatif, sedangkan Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan menggunakan metode induktif yaitu dari mengemukakan fakta-fakta empirik yang bersifat khusus dari hasil penelitian kemudian diakhiri dengan kesimpulan bersifat umum.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Pemahaman tokoh agama di kelurahan Ronowijayan mengenai penentuan arah kiblat masih perlu dikembangkan dan diperdalam lagi. Karena para tokoh agama disamping belum memahami mengenai ilmu falak, mereka juga ada yang baru pertama kali mengikuti penentuan arah kiblat walau ada beberapa tokoh agama yang lain sudah pernah ikut penentuan arah kiblat, mungkin yang sudah pernah mengikuti sudah faham apa fungsi alat-alat yang digunakan dalam penentuan arah kiblat. Dalam penentuan arah kiblat masjid Rahmatal Lil ‘Alamin dilakukan oleh tokoh agama setempat dibantu dan disaksikan oleh warga masyarakat dan ada beberapa pejabat kelurahan, dengan menggunakan metode kompas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Imroatul Munfaridah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Nov 2023 01:01
Last Modified: 20 Nov 2023 01:01
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26085

Actions (login required)

View Item View Item