Pengaruh Kemampuan Literasi Digital dan Pemanfaatan Platform Learning Management System terhadap Kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi Guru di SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo

Rahmawati, Azizah Akbar (2023) Pengaruh Kemampuan Literasi Digital dan Pemanfaatan Platform Learning Management System terhadap Kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi Guru di SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
502210009_AZIZAH AKBAR RAHMAWATI_MPI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang pesat berdampak positif dalam bidang Pendidikan. Guru dituntut untuk mampu mengintegrasikan TIK dalam pembelajaran untuk menjawab tantangan pembelajaran abad-21. Salah satu upaya untuk meningkatkan kompetensi TIK guru adalah dengan menerapkan literasi digital, komunikasi dan keterampilan memanfaatkan teknologi digital dengan efektif dan efisien. Berdasarkan hasil studi pendahuluan, guru di SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo telah memanfaatkan TIK melalui platform Learning Management System (LMS) sebagai media pembelajaran sejak adanya pandemi Coronavirus Disease (Covid-19) dan masih terus berlanjut hingga saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui tingkat kemampuan literasi digital guru di SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo, (2) Mengetahui tingkat pemanfaatan platform LMS guru di SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo, (3) Mengetahui pengaruh kemampuan literasi digital dan pemanfaatan platform LMS secara parsial terhadap Kompetensi TIK guru di SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo dan (4) Mengetahui pengaruh kemampuan literasi digital dan pemanfaatan platform LMS secara simultan terhadap Kompetensi TIK guru di SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah sampel populasi sebanyak 38 responden. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara serta dokumentasi sebagai data pelengkap peneliti. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan (1) Kemampuan literasi digital guru di SMP Negeri 1 Jetis dalam kategori cukup baik dengan prosentase sebesar 68,4 % atau 26 dari 38 responden, (2) Pemanfaatan platform LMS guru di SMP Negeri 1 Jetis dalam kategori cukup baik dengan prosentase sebesar 73,68 % atau 28 dari 38 responden, (3) Kemampuan literasi digital secara parsial tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kompetensi TIK guru di SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo. Adapun pemanfaatan platform LMS secara parsial berpengaruh secara signifikan terhadap kompetensi TIK guru di SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo dan (4) Kemampuan literasi digital dan pemanfaatan platform LMS secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap kompetensi TIK guru di SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,005 dan nilai R Square (R2) yang tergolong tinggi, yaitu sebesar 0,632 yang berarti bahwa kemampuan literasi digital dan pemanfaatan platform LMS berpengaruh sebesar 63,2% terhadap kompetensi TIK guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Sugiyar
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Nov 2023 00:55
Last Modified: 20 Nov 2023 00:55
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26079

Actions (login required)

View Item View Item