Strategi pemasaran syariah pada dariz Taylor Madiun

Allutfian, Mohammad Syaiful Rizal (2023) Strategi pemasaran syariah pada dariz Taylor Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
210717219_MOHAMMAD SYAIFUL RIZAL .A_EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Allutfian, Mohammad Syaiful Rizal Allutfian. Strategi Pemasaran Syariah pada Dariz Taylor Madiun. Skripsi. 2023. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Ruliq Suryaningsih, M.Pd.

Kata Kunci: Strategi Pemasaran syariah, Omset penjualan

Keberhasilan disetiap perusahaan yaitu dengan melakukan pemasaran, karena pemasaran adalah saluran utama antar perusahaan dan konsumen. Pemasaran memiliki banyak strategi yang bertujuan untuk mempromosikan produk dengan meningkatkan kepuasan pelanggan. Omset penjualan Dariz Taylor Madiun selama 2022 mengalami penurunan. Tentu saja ini penurunan tersebut merupakan hal yang tidak baik bagi eksistensi usaha tersebut.
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis praktik pemasaran syariah dan pelaksanaan prinsip-prinsip pemasaran syariah di Dariz Taylor Madiun. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan yaitu field research. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data menggunakan analisis sebelum lapangan, analisis selama dilapangan dan analisis setelah dilapangan.
Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ditinjau dari praktik pemasaran syariah di Dariz Taylor Madiun telah sesuai menerapkan teori dan praktik strategi pemasaran syariah yang terdiri atas 3 hal pokok yaitu Segmentasi dan Targeting, Positioning dan Bauran Pemasaran. Namun, Dariz Taylor belum memiliki toko di e-commerce seperti di Shopee maupun Tokopedia. (2) Ditinjau dari prinsip-prinsip strategi pemasaran syariah, Dariz Taylor telah sesuai menerapkan prisip strategi pemasaran syariah yang terdiri dari berlaku adil, tanggap terhadap perubahan, rela berbuat yang terbaik dari sisi produk dan harga, rela sama rela dan adanya hak khiyar pada pembeli (hak pembatalan terhadap transaksi), tidak curang dan berorientasi pada kualitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ruliq Suryaningsih, M.Pd.
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Nov 2023 07:16
Last Modified: 17 Nov 2023 07:16
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26075

Actions (login required)

View Item View Item