Peran BMT Surya Kencana Balong dalam Meningkatkan Pendapatan UMKM Melalui Pembiayaan Mudharabah

Astriani, Octavia Nur (2023) Peran BMT Surya Kencana Balong dalam Meningkatkan Pendapatan UMKM Melalui Pembiayaan Mudharabah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
401190148_Octavia Nur Astriani_Ekonomi Syariah.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembiayaan mudharabah merupakan akad bagi hasil yang dilakukan oleh dua belah pihak yaitu pihak pertama sebagai pemilik modal (shohibul mal) memercayakan modal usaha kepada pihak kedua sebagai pengelola usaha (Mudharib) untuk menjalankan usaha yang dilakukannya. Dengan adanya akad tersebut jika pada saat pelaksanaan usaha tidak mengalami peningkatan atau perkembangan yang tidak disebabkan oleh pengelola usaha, maka kerugian sepenuhnya akan ditanggung oleh pemilik modal. Sedangkan jika kerugian disebabkan karena lalainya atau terdapat kecurangan yang disengaja oleh pengelola usaha, maka sebaliknya kerugian sepenuhnya ditanggung pengelola usaha. Tujuan peneliti melakukan penelitian di BMT Surya Kencana Balong ini yaitu untuk menganalisis peran dari BMT Surya Kencana Balong dalam meningkatkan pendapatan UMKM melalui pembiayaan mudharabah. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode pendekatan field research yaitu dengan cara terjun langsung ke lapangan guna mendapatkan data-data yang diperlukan untuk kelengkapan penelitian.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa BMT Surya Kencana Balong dalam menjalankan pembiayaan mudharabah yaitu bahwasannya mayoritas para pemilik usaha nerasakan bahwa dengan BMT Surya Kencana Balong mengedakan program pembiayaan mudharabah ini mereka merasa lebih terbantu dan juga memudahkan dalam mencari modal untuk menjalankan usahanya. BMT Surya Kencana Balong pada awal-awal menggunakan peran aktif yaitu dimana mereka terjun kelapangan untuk menemui pelaku-pelaku usaha, akan tetapi setelah pembiayaan mudharabah berjalan dan nasabah semakin banyak maka para pengguna pembiayaan mudharabah akan datang sendiri ke kantor BMT Surya Kencana Balong untuk mengurus mengenai pembiayaan yang nantinya akan digunakan untuk memenuhi modal usaha yang membutuhkan tambahan dana. Beberapa kendala dan kemudahan dalam melakukan pembiayaan mudharabah di BMT Surya Kencana Balong. Kendalanya yaitu tidak adanya biaya fasilitas pendanaan untuk para nasabah, selain itu kurangnya fasilitas yangdiberikan oleh pihak BMT untuk kenyamanan nasabah. Untuk kemudahan yang dirasakan yaitu nasabah menjadi mudah mendapatkan modal tambahan untuk menjalankan usaha, lalu proses pengajuan yang sangat mudah dan cepat pula tidak riber dan memerlukan persyaratan yang sulit.
Beberapa dampak yang dirasakan oleh pelaku usaha. Beberapa pelaku usaha merasa dengan adanya pembiayaan ini dapat memenuhi kebutuhan usaha yang dijalakannya. Meskipun begitu juga tidak semua pelaku usaha mengalami peningkatan pada setiap bulannya, hal ini dikarenakan adanya kebutuhan sehai-hari atau kebutuhan keluarga yang mendesak atau juga karena perubahan musim yang berdampak pada penghasilan usaha yang mengalami penurunan tau bahkan juga ada yang turun dari hasil pendapatan sebelum mendapatkan pembiayaan mudharabah, dimana selain kebutuhan sehari-hari juga ada yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan sekolah anaknya. Meski begitu juga tetap ada beberapa pemilik usaha yang tetap merasak penghasilan lebih tinggi pada saat-saat tertentu.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kenlies Era Rosalina Marsudi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Nov 2023 06:53
Last Modified: 17 Nov 2023 06:53
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26071

Actions (login required)

View Item View Item