Tinjauan Maslahah Terhadap Peran Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak Dalam Mencegah Kehamilan Di Luar Nikah Pada Anak Usia Dini Di Kabupaten Ponorogo

Pramudya, Cessa Ferina (2023) Tinjauan Maslahah Terhadap Peran Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak Dalam Mencegah Kehamilan Di Luar Nikah Pada Anak Usia Dini Di Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI- CESSA FERINA PRAMUDYA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Angka pernikahan pada usia dini karena hamil di luar nikah di kabupaten Ponorogo cenderung mengalami peningkatan di setiap tahunnya kabupaten Ponorogo menunjuk Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak sebagai pelaksana urusan pemerintah yang menjadi kekuasaan kabupaten di bidang sosial. Peran tersebut supaya terciptanya penyelesaian masalah-masalah yang terjadi pada perempuan dan anak khususnya di Kabupaten Ponorogo. Dalam skripsi ini peneliti fokus pada bagaimana maslahah yang terkandung pada upaya dan dampak dari upaya dinas sosial pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak dalam mencegah kehamilan di luar nikah pada anak usia dini.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana tinjauan maslahah terhadap upaya dinas pemberdayaan perempuan dan anak dalam mencegah kehamilan di luar nikah pada anak usia dini di Kabupaten Ponorogo berdasarkan Peraturan Bupati Nomor 152 Tahun 2021?Bagaimana tinjauan maslahah terhadap dampak dari upaya dinas pemberdayaan perempuan dan anak dalam mencegah kehamilan di luar nikah pada anak usia dini di Kabupaten Ponorogo berdasarkan Peraturan Bupati Nomor 152 Tahun 2021?
Adapun penelitian ini merupakan penelitihan hukum empiris dengan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deduktif.
Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa upaya dinas sosial P3A tergolong dalam maslahah dharuriyah karena upaya tersebut dilakukan untuk melindungi tujuan hukum syara’ yaitu agama, jiwa, akal, keturunan, dan harta. Kemudian dampak tergolong dalam maslahah dharuriyah dampak belum dapat diketahui secara singkat apabila upaya-upaya tidak dilakukan secara maksimal akan mendatangkan kerugian dan tidak mendatangkan kemanfaatan bagi kehidupan manusia.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Rif'ah Roihanah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Nov 2023 06:51
Last Modified: 17 Nov 2023 06:51
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26065

Actions (login required)

View Item View Item