MANAJEMEN FUNDRAISING ZAKAT INFAQ DAN SHADAQAH DI LEMBAGA AMIL ZAKAT INFAQ SHADAQAH MUHAMMADIYAH (LAZISMU) KABUPATEN NGAWI

Muslimah, Siti Khoirul (2023) MANAJEMEN FUNDRAISING ZAKAT INFAQ DAN SHADAQAH DI LEMBAGA AMIL ZAKAT INFAQ SHADAQAH MUHAMMADIYAH (LAZISMU) KABUPATEN NGAWI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
siti khoirul muslimah 211617034.pdf

Download (2MB)

Abstract

Muslimah, Siti Khoirul. Manajemen fundraising Zakat, Infaq, Dan Shadaqah Di Lembaga Amil Zakat Infaq Dan Shadaqah (LAZISMU) Kabupaten Ngawi. Skripsi. 2023. Jurusan Manajemn Zakat Dan Wakaf, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Intitut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Dr. Hj. Ely Masykuroh, M.SI.

Kata kunci : LAZISMU, Fundraising, Manajemen
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kendala-kendala yang dialamioleh LAZISMU Kabupaten Ngawi Beberapa kendala yang dialami antara lain yaitu kurangnya sumber daya manusia (SDM) hal ini berimbas pada pelaksanaan tanggung jawab yang ditugaskan bagi setiap anggota dan karyawan menjadi kurang maksimal, Lalu kemampuan atau kapasitas para staf LAZISMU Ngawi. Hal lain yang cukup memberi hambatan pada proses pelaksanaan penghimpunan dana yaitu pelaksanaan standar operasional (SOP) yang sering dilupakan, dan keterlambatan dalam melaksanakan layanan jemput dana.
Selain kendala internal yang dialami LAZISMU Kabupaten Ngawi, terdapat kendala eksternal yang dialami yaitu sulitnya memetakan potensi muzzaki, beberapa masyarakat sulit dimintai biodata nya untuk identifikasi database muzzaki sebagai alat pemetaan sasaran potensi muzzaki di LAZISMU Kabupaten Ngawi, hal ini disebabkan oleh kesadaran masyarakat yang kurang mengenai pentingnya membayar zakat. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan manajemen fundraising zakat, infaq, dan shadaqah di LAZISMU Kabupaten Ngawi.
Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif secara induktif dengan menganalisis data berupa hasil wawancara dan dokumentasi yang dikembangkan menjadi hipotesis berdasarkan data tersebut yang kemudian dicarikan datanya secara berulang-ulang melalui teknik triangulasi.
Dari hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan manajemen fundraising zakat, infaq dan shadaqah sudah diterapkan dengan cukup baik, hal ini dibuktikan dengan keberhasilan pencapaian target yang telah ditentukan berdasarkan fungsi manajemen fundraising perencanaan, lalu telah dibentuknya struktural organisasi beserta tugas dan tanggung jawab masing-masing berdasarkan fungsi manajemen pengorganisasian, lalu pada fungsi manajemen pengarahan, ketua pengurus LAZISMU Kabupaten Ngawi bertanggung jawab untuk memberi arahan, dukungan dan motivasi kepada karyawan dalam melaksanakan jobdesknya, kemudian penerapan pada fungsi manajemen controlling juga telah dilaksanakan dengan bukti adanya evaluasi dan pelaksanaan rapat mingguan guna penyampaian laporan kendala yang dihadapi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ely Masykuroh
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Nov 2023 06:50
Last Modified: 17 Nov 2023 06:50
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26064

Actions (login required)

View Item View Item