PERILAKU MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAMIAIN PONOROGO TERHADAP PRODUK KOSMETIK YANG TIDAK BERLABEL HALAL

Winuji, Dinar (2023) PERILAKU MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAMIAIN PONOROGO TERHADAP PRODUK KOSMETIK YANG TIDAK BERLABEL HALAL. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
ethesis dinar.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Winuji, Dinar. Perilaku Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam IAIN
Ponorogo Terhadap Produk Kosmetik yang Tidak Berlabel Halal.
Skripsi. 2023. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis
Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Ruliq
Suryaningsih, M.Pd.
Kata kunci: Produk, tidak berlabel halal dan kosmetik
Kosmetik merupakan hal yang wajib dimiliki terutama bagi
kalangan mahasiswa guna menunjang penampilan mereka. Ada yang
menggunakan kosmetik dengan melihat label halal dalam kemasan ada
pula yang tidak memandang halal haram kosmetik yang ia gunakan.
Penggunaan kosmetik mahasiswa pun dilatar belakangi oleh beberapa
faktor. Teori milik Syaparuddin, terdapat empat prinsip dasar perilaku
konsumsi seorang muslim dan teori milik Kotler dan Keller yang
menjawab tentang faktor-faktor yang mempengaruhi pengunaan
kosmetik merupakan teori yang tepat bagi peneliti untuk melakukan
penelitian ini.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis
perilaku mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Ponorogo
terhadap produk kosmetik yang tidak berlabel halal dan untuk
mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku
konsumen dalam penggunaan produk kosmetik tidak berlabel halal pada
mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN
Ponorogo.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yang bersifat
deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yakni dengan menggambarkan
bagaimana perilaku mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN
Ponorogo terhadap produk kosmetik yang tidak berlabel halal. Peneliti
mendapatkan data dari hasil wawancara.
Hasil penelitian perilaku mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Islam IAIN Ponorogo terhadap produk kosmetik yang tidak berlabel halal
dapat ditinjau dari empat prinsip dasar perilaku konsumsi yaitu: a)
proporsional, dimana dalam menggunakan kosmetik tidak berlebihan; b)
kepedulian, mereka menggunakan kosmetik dengan peduli kepada orang
lain; c) halal dan baik, dimana dalam menggunakan kosmetik ada yang
melihat label halal pada kemasan dan ada yang tidak melihat label halal
pada kemasan; d) hidup sederhana, dengan menggunakan kosmetik
dengan hemat. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku
konsumen dalam penggunaan produk kosmetik tidak berlabel halal pada
Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Ponorogo
berdasarkan teori milik Kotler dan Keller, antara lain: a) Faktor sosial
yaitu kelompok acuan, keluarga, kelas sosial. b) Faktor Pribadi yang
meliputi usia, kondisi ekonomi, gaya hidup, dan kepribadian, c) faktor
psikologis yang meliputi, motivasi, persepsi dan pengetahuan

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ruliq Suryaningsih
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Nov 2023 06:49
Last Modified: 17 Nov 2023 06:49
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26062

Actions (login required)

View Item View Item