Pengaruh Pengetahuan Produk Tabungan, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Penabung Pada Bank Muamalat Kantor Cabang Madiun

Tripotoko, Nofian (2023) Pengaruh Pengetahuan Produk Tabungan, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Penabung Pada Bank Muamalat Kantor Cabang Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
PENGARUH PENGETAHUAN PRODUK TABUNGAN, PROMOSI, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PENABUNG PADA BANK MUAMALAT KANTOR CABANG MADIUN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tripitoko, Nofian. 2023.Pengaruh Pengetahuan Produk Tabungan, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Penabungdi Bank Muamalat Kantor Cabang Madiun. Skripsi, Jurusan Perbankan Syariah,Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Dosen Pembimbing Faruq Ahmad Futaqi.

Kata Kunci: Pengetahuan, Promosi, Kualitas.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya teori gap antara teori dan fakta yang terdapat pada lapangan. Kualitas Nasabah dapat tercapai dengan baik apabila faktor yang memengaruhinya berjalan dengan baik pula. Pada kenyataannya di Bank Muamalat Madiun ini marketing sudah mengupayakan untuk memberikan penjelasan kepada nasabah tentang produk dan kegunaan produk tabungan, tetapi banyak nasabah yang tidak memahami tentang produk produk tabungan yang ada di Bank Muamalat Madiun. Kedua yaitu promosi, marketing sudah melakukan promosi secara langsung. Tetapi marketing yang digabung juga dengan teller mengakibatkan promosi tidak berjalan dengan lancar, mengakibatkan nasabah tidak memahami promosi yang dilakukantim marketing. Ketiga yaitu kualitas pelayanan, kurang nya pegawai yang ada di Bank Muamalat Madiun mengakibatkan nasabah tidak merasakan kualitas pelayanan dengan baik. Tetapi di sisi lain seluruh pegawai Bank Muamalat Madiun sudah melayani dengan sepenuh hati kepada nasabah, tetapi nasabah belum merasakan kepuasan. Hal ini menarik diteliti karena bertentangan dengan teori Philip Kotler yaitu pengetahuan produk, promosi dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah. Penelitian ini dilaksanakan di Bank Muamalat Madiun yang bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh variabel pengetahuan produk, promosi dan kualitas pelayanan terhdapat Kepuasan Nasabah Penabung di Bank Muamalat Madiun.
Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner. Sampel pada penelitian ini adalah 95nasabah Bank Muamalat Madiun. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana dan berganda dengan bantuan SPSS 21. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi sederhana dan berganda serta uji hipotesis.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) pengetahuan produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, 2) promosi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, 3) kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 4) pengetahuan produk, promosi, kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah sebesar 73,3%,dengan variabel yang paling dominan pengaruhnya adalah kualitas pelayanan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Faruq Ahmad Futaqi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Nov 2023 06:48
Last Modified: 17 Nov 2023 06:48
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26061

Actions (login required)

View Item View Item