Manajemen Organisasi Kis (Komunitas Ilmiah Santri) Dalam Meningkatkan Life Skill Santri Pondok Pesantren Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo

Haqiqi, Muhammad Ikhwanul (2023) Manajemen Organisasi Kis (Komunitas Ilmiah Santri) Dalam Meningkatkan Life Skill Santri Pondok Pesantren Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190171_Muhammad Ikhwanul Haqiqi_Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Ikhwanul Haqiqi, Muhammad. 2023. Manajemen Organisasi KIS (Komunitas Ilmiah Santri) dalam Meningkatkan Life Skill Santri Pondok Pesantren Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo. Skripsi, Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Fata Asyrofi Yahya, M.Pd.I.
Kata Kunci: Manajemen, Organisasi, KIS, Life Skill
Pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan tidak hanya lembaga pencetak generasi pemimpin keagamaan tetapi juga mencetak generasi muda yang sholih dan professional dalam berbagai bidang seperti yang diharapkan dalam progam pendidikan nasional. Tuntutan akan peningkatan kualitas pendidikan harus segera ditanggapi dengan serius dan seksama, karena ketertinggalan dalam bidang pendidikan akan menyebabkan timbulnya masalah besar. Pendidikan berwawasan life skill sekarang menjadi terobosan baru di pondok pesantren sebagai pengaplikasian pendidikan berbasis life skill pesantren diharapkan dapat menghasilkan output santri yang berkualitas dan kompetitif dengan cara melalui organisasi santri berbasis peningkatan life skill yang dikembangkan di pondok pesantren Al-Islam Joresan melalui Komunitas Ilmiah Santri (KIS).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Implementasi manajemen organiasasi KIS dalam meningkatkan life skill santri (2) Faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi kegiatan organisasi KIS dalam meningkatkan life skill santri (3) Dampak dari penerapan kegiatan organisasi KIS terhadap life skill santri di Pondok Pesantren Al-Islam Joresan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan dalam analisis data menggunakan kondensasi data, menyajikan data, kesimpulan. Selanjutnya uji keabsahan data dilakukan dengan tringulasi teknik dilakukan dengan cara mengecek data kepada sumber yang sama dengan teknik yang berbeda.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1) Implementasi manajemen organisasi KIS dalam meningkatkan life skill santri Pondok Pesantren Al-Islam sudah dilakukan dengan baik. Hal ini ditunjukan dengan adanya perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan untuk mencapai tujuan organisasi (2) Adanya faktor pendukung dan faktor penghambat dalam implementasi manajemen organisasi KIS (3) Dampak kegiatan organisasi KIS terhadap life skill santri di Pondok Pesantren Al-Islam a) Personal skill; bertambahnya sikap menyadari sebagai anggota masyarakat, warga Negara, sebagai hamba Allah SWT, mengenal diri sendiri, bermanfaat untuk orang lain, mampu menjaga dan lebih perduli lingkungan. b) Social skill; lebih mampu berkomunikasi dan berinteraksi dengan masyarakat, beradaptasi dan berperilaku positif, tumbuhnya rasa tanggung jawab, peduli, empati terhadap sesama, melatih jiwa tolong menolong, kerjasama c) Academic skill; lebih meningkatkan wawasan kejiwaan kesehatan jasmani rohani manusia, d) Vocational skill; meningkatnya ilmu desain grafis, meningkatnya kreativitas kemampuan menulis, menggambar, keterampilan, ilmu jurnalistik, lebih pengalaman di dunia kerja, berwirausaha.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fata Asyrofi Yahya
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Nov 2023 02:54
Last Modified: 17 Nov 2023 02:54
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26060

Actions (login required)

View Item View Item