Tinjauan Etika Bisnis Islam Dalam Transaksi Jual Beli Di Pasar Arjowinangun Pacitan

Arzaq, Miftakhul Nuril (2023) Tinjauan Etika Bisnis Islam Dalam Transaksi Jual Beli Di Pasar Arjowinangun Pacitan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
102190135_MIFTAKHUL NURIL ARZAQ_HES.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam etika bisnis Islam ditetapkan nilai-nilai atau etika yang harus dipatuhi dalam kegiatan bisnis. Kegiatan bermuamalah harus berpegang pada prinsip-prinsip etika bisnis Islam yang ada, agar kegiatan bisnis yang ia lakukan mendapat barakah. Di Pasar Arjowinangun masih ada perilaku pedagang yang tidak sesuai dengan apa yang telah diterapkan dalam etika bisnis Islam.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk menjelaskan tinjauan etika bisnis Islam terhadap pelayanan pedagang kepada konsumen di Pasar Arjowinangun Pacitan. (2) Untuk menjelaskan tinjauan etika bisnis Islam terhadap pencampuran barang berkualitas baik dengan yang tidak baik di Pasar Arjowinangun Pacitan.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dimana peneliti mendatangi lapangan untuk melakukan pengamatan terkait objek penelitian. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif yakni untuk memahami fenomena apa yang dialami oleh subjek penelitian. Hasil dari penelitian ini dianalisis dengan metode induktif, yaitu peneliti menulis peristiwa yang terjadi dari lapangan kemudian digeneralisikan dalam bentuk kesimpulan terhadap permasalahan berdasarkan pada data lapangan tersebut.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelayanan pedagang terhadap konsumen atau pembeli di Pasar Arjowinangun Pacitan, beberapa pedagang sudah sesuai dan telah menerapkan prinsip-prinsip etika bisnis Islam degan baik dan benar. Namun ada pedagang yang telah melanggar prinsip-prinsip etika bisnis Islam yaitu prinsip kebenaran (kebajikan dan kejujuran) karena dalam transaksi jual beli tidak terbuka atau transparan mengenai kondisi barang dagangannya. Kemudian mengenai kualitas barang dagangan di Pasar Arjowinangun Pacitan, ada pedagang yang sudah sesuai dan menerapkan prinsip-prinsip etika bisnis Islam. Tetapi beberapa pedagang telah melanggar prinsip-prinsip etika bisnis Islam, yaitu prinsip tanggung jawab dan prinsip kebenaran (kebajikan dan kejujuran) karena pedagang telah melakukan pencampuran barang dagangan yang tidak habis terjual dengan barang dagangan yang baru dengan maksud menyamarkan kualitas barang. Di sisi lain, pedagang juga tidak memberikan informasi yang jujur kepada pembeli.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muh.Maksum
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Nov 2023 02:54
Last Modified: 17 Nov 2023 02:54
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26055

Actions (login required)

View Item View Item