Penerapan Metode An-Nahdliyah Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Anak di TPQ At-Taqwa Dukuh Sukosari Ponorogo

Pratama, Miftahkhul Risqi (2023) Penerapan Metode An-Nahdliyah Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Anak di TPQ At-Taqwa Dukuh Sukosari Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI A4 MIFTAHKHUL RISQI PRATAMA (Upload E-Thesis).pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Pratama, Miftahkhul Risqi. 2023. Penerapan Metode An-Nahdliyah Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Anak di TPQ At-Taqwa Dukuh Sukosari Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. M. Syafiq Humaisi, M.Pd.

Kata Kunci: Metode An-Nahdliyah, Kemampuan Membaca Al-Qur’an

Pembelajaran Al-Qur’an sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, karena pembelajaran Al-Qur’an merupakan suatu cara untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam beragama islam yang baik. Santri yang mengaji di TPQ At-Taqwa saat ini mulai menurun, kondisi seperti ini akan menimbulkan beberapa permasalahan diantaranya: kurangnya pemahaman anak terhadap ketentuan membaca Al-Qur’an yang baik dan benar mulai dari penguasaan tajwid, makharijul huruf, maupun sifatul huruf.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan bagaimana penerapan metode An-Nahdliyah untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada anak TPQ At-Taqwa Dukuh Sukosari Ponorogo, (2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam proses penerapan metode An-Nahdliyah untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada anak TPQ At-Taqwa Dukuh Sukosari Ponorogo, (3) Mendeskripsikan hasil penerapan metode An-Nahdliyah untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada anak TPQ At-Taqwa Dukuh Sukosari Ponorogo.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data adalah dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik yang dipilih dalam analisis data adalah teknik dari Miles, Huberman, dan Saldana yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini adalah ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa: (1) Penerapan metode An-Nahdliyah di TPQ At-Taqwa dilaksanakan secara klasikal dengan penyampaian materi yang sama, TPQ At-Taqwa juga mempunyai 2 program yakni PBB yang berjenjang dimulai dari jilid 1 sampai 6 dan PSQ atau program sorogan Al-Qur;an yang biasanya dapat ditempuh kurang lebih dalam waktu 2 tahun. (2) Faktor pendukung penerapan metode An-Nahdliyah di TPQ At-Taqwa, yaitu: fasilitas sarana dan prasarana yang memadai, tenaga pendidik bapak/ibu pengajar yang mumpuni dan istiqomah dalam mengajar, bekal pengetahuan tentang pembelajaran Al-Qur’an yang dimiliki beberapa anak yang bersekolah di MI atau SDIT. Sedangkan untuk faktor penghambatnya, yaitu: tingkat kehadiran santri yang masih rendah, santri harus menyesuaikan antara beberapa metode pembelajaran Al-Qur’an, santri masih ramai saat proses pembelajaran Al-Qur’an. (3) Hasil penerapan metode An-Nahdliyah di TPQ At-Taqwa, terdapat peningkatan terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an dari segi ketepatan makharijul huruf, shifatul hurufnya, serta ketartilan dalam membaca Al-Qur’an, sedangkan untuk ketepatan tajwid masih belum merata terhadap semua santri di TPQ At-Taqwa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Syafiq Humaisi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Nov 2023 02:55
Last Modified: 17 Nov 2023 02:55
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26054

Actions (login required)

View Item View Item