Eksternalitas Sentra Industri Brem Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Desa Kaliabu Kabupaten Madiun Dalam Tinjauan Ekonomi Islam

Dzikiria Saputro, Febby (2023) Eksternalitas Sentra Industri Brem Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Desa Kaliabu Kabupaten Madiun Dalam Tinjauan Ekonomi Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Febby Dzikiria Saputro_401190252_etheses.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Saputro, Febby Dzikiria. Eksternalitas Sentra Industri Brem Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Desa Kaliabu Dalam Tinjauan Ekonomi Islam. Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah (ES) Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Ruliq Suryaningsih, M.Pd.,

Kata Kunci: Kesejahteraan, Masyarakat, Ekonomi Islam.

Dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup agar menjadi sejahtera, masyarakat yang mempunyai kemampuan dan jeli melihat potensi diri serta mampu mengidentifikasi lingkungan, dapat menemukan peluang dan membuka peluang usaha bagi masyarakat. Usaha yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hidup diantaranya dengan melakukan Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu terkait kesejahteraan Mayarakat, maka di dalam penelitian ini akan dibahas mengenai bagaimana peran dari sentra industri terhadap kesejahteraan masyarakat.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis peran sentra industri brem terhadap kesejahteraan masyarakat di Desa Kaliabu dalam tinjauan ekonomi islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif, deskriptif yaitu suatu rumusan masalah yang memandu penelitian untuk mengeksplorasi atau memotret situasi sosial yang akan diteliti secara menyeluruh, luas dan mendalam.
Berdasarkan analisis data dan penelitian, dapat ditarik kesimpulan bahwa Eksternalitas yang ditimbulkan oleh sentra industri di Desa Kaliabu adalah sebagai berikut, eksternalitas positif yang ditimbulkan adalah adanya pembukaan lapangan kerja baru bagi masyarakat disekitar industri serta mendorong adanya inovasi di masyarakat, eksternalitas negatif yang ditimbulkan adalah kemacetan yang menganggu kelancaran. Faktor eksternalitas sentra industri di Desa Kaliabu meliputi: Adanya kegagalan dalam pelaksanaan program pemerintah. Dampak sentra industri brem terhadap kesejahteraan masyarakat dapat dikatakan cukup signifikan karena sudah memenuhi beberapa indikator kesejahteraan rakyat. Selain itu, dalam konsep kesejahteraan menurut ekonomi islam pun dapat dikatakan cukup signifikan karena sudah memenuhi beberapa indikator kesejahteraan dalam al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ruliq Suryaningsih
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Nov 2023 02:50
Last Modified: 17 Nov 2023 02:50
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26052

Actions (login required)

View Item View Item