..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBL;IKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG)..KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA TENAGA KEPENDIDIKAN (Studi Kasus di SMAN 2 Ponorogo Jawa Timur)

Humaida, Muh. Zakiy (2023) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBL;IKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG)..KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA TENAGA KEPENDIDIKAN (Studi Kasus di SMAN 2 Ponorogo Jawa Timur). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI FINAL.pdf

Download (2MB)

Abstract

Gaya kepemimpinan kepala sekolah menjadi salah satu penyebab pendidikan Indonesia kurang optimal. Karena, salah satu faktor yang mempengaruhi maksimal atau tidaknya kinerja guru dan tenaga kependidikan adalah gaya kepemimpinan kepala sekolah. Kepemimpinan kepala sekolah harus mampu mentransformasikan perubahan lingkungan sekolah untuk menciptakan lingkungan yang kondusif dengan membentuk budaya kerja yang berkualitas dalam proses memberikan pendidikan, serta memberikan motivasi dan memperhatikan perlunya peningkatan kualitas tenaga kependidikan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komponen kepemimpinan transformasional yang dimiliki oleh kepala sekolah di SMAN 2 Ponorogo yang meliputi Pengaruh Idealisme (Idealized Influence), Motivasi Inspirasional (Inspirational Motivation), Stimulasi Intelektual (Intellectual stimulation), dan Pertimbangan Pribadi (Individualized consideration) serta keberasilan kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi kerja tenaga kependidikan.
Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum, dan kepala tata usaha. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi metode dan sumber. Data dianalisis secara kualitatif dengan mengacu model interaktif Miles dan Huberman, yang meliputi pengumpulan data, reduksi, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Pengaruh Idealisme (Idealized Influence) yang dimiliki kepala SMAN 2 Ponorogo yaitu kepala sekolah melibatkan guru, karyawan, pengawas pembina, komite sekolah dan tokoh masyarakat baik dalam penyusunan visi, misi, tujuan, dan program kegiatan sekolah, selalu mengadakan rapat rutin terkait dengan kendala yang dihadapi dalam program kegiatan sekolah. (2) Motivasi Inspirasional (Inspirational Motivation) yang dimiliki kepala SMAN 2 Ponorogo yaitu kepala sekolah tidak hanya memakai satu gaya kepemimpinan tapi selalu melihat situasi dan kondisi yang dihadapi. Nilai yang ditanamkan oleh kepala sekolah SMAN 2 Ponorogo antara lain saling salam, sapa, senyum. Kepala sekolah bergabung dengan guru dan karyawan saat jam istirahat, atau saat tidak ada tugas atau kewajiban yang harus diselesaikan. (3) Stimulasi Intelektual (Intellectual stimulation) yang dimiliki kepala SMAN 2 Ponorogo yaitu kepala sekolah menanamkan penyelesaian kerja secara cekatan, tepat waktu, dan kepala sekolah juga menghindari menggurui para guru dan karyawan tetapi mengajak untuk saling bekerjasama. (4) Pertimbangan Pribadi (Individualized consideration) yang dimiliki kepala SMAN 2 Ponorogo yaitu kepala sekolah selalu menindaklanjuti kebutuhan para staf tenaga kependidikan. Kepala sekolah juga mengembangkan profesionalisme guru dan karyawan dengan cara mengadakan atau mengikutkan guru dan karyawan melalui pelatihan, workshop, dan juga studi banding. (5) Keberhasilan kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi kerja tenaga kependidikan telah berhasil.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fata Asyrofi Yahya
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Nov 2023 02:33
Last Modified: 17 Nov 2023 02:33
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26049

Actions (login required)

View Item View Item