..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM INTEGRATIF DI SDIT AL IKHLAS MANTREN KARANGREJO MAGETAN

Fillaili, Nur Sinta (2023) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM INTEGRATIF DI SDIT AL IKHLAS MANTREN KARANGREJO MAGETAN. Masters thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
502210029 Magister Manajemen Pendidikan Islam.pdf

Download (3MB)

Abstract

IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM INTEGRATIF DI SDIT AL IKHLAS MANTREN KARANGREJO MAGETAN

ABSTRAK

Kata Kunci: Implementasi, Manajemen Kurikulum, Kurikulum Integratif

Berkat manajemen kurikulum terIntegratif SDIT Al Ikhlas Mantren, sekolah dapat beradaptasi dengan kebutuhan dan tuntutan dunia saat ini yang selalu berubah diera yang penuh tekanan dan globalisasi. Dengan memperkenalkan kurikulum yang inovatif dan relevan, SDIT Al Ikhlas Mantren dapat mempersiapkan siswa dengan keterampilan yang kompeten dan siap menghadapi tantangan masa depan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen perubahan terhadap penerapan Integratif kurikulum di SDIT Al Ikhlas Mantren dengan fokus pada tiga aspek utama: 1) penerapan Integratif kurikulum di sekolah, 2) pengaruh manajemen terpadu, 3) peran aktor pendidik dalam proses Integratif kurikulum.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan penelitian lapangan yang berbasis di SDIT Al Ikhlas Mantren Karangrejo Magetan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi partisipasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, kemudian penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Melalui proses pengumpulan data, penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan Manajemen Kurikulum Integratif di SDIT Al Ikhlas Mantren melibatkan tiga fungsi manajemen. 1) Pelaksanaan integrasi kurikulum dilakukan dengan mengintegrasi program pelaksanaan kurikulum dan mengintegrasikan pelaksanaan kurikulum pemerintah. Evaluasi integrasi kurikulum dilakukan dengan mengevaluasi kurikulum yang meliputi evaluasi konteks, evaluasi input, evaluasi proses, dan evaluasi produk. 2) Kendala-kendala integrasi kurikulum sekolah menggunakan program konvergensi ketauhitan (wahyu) yang berorientasi pembelajaran pada asmaul husna untuk pewarnaannya, keberhasilan sekolah mencapai target tercapai, guru merasakan kelebihan kurikulum terhadap siswa, serta orang tua siswa merasakan sesuai visi dan misi sekolah dan dampak positif ke santri 3) Perencanaan integrasi kurikulum dilakukan dengan mengintegrasi tujuan kurikulum dan mengintegrasi pengorganisasian isi kurikulum dengan model integrasi fragmented model pemerintah.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Elfi Yuliani Rochmah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Nov 2023 02:32
Last Modified: 17 Nov 2023 02:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26048

Actions (login required)

View Item View Item