Pelaksanaan Kearsipan dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Administrasi di SMA Bakti Ponorogo

Khomariah, Siti (2023) Pelaksanaan Kearsipan dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Administrasi di SMA Bakti Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Siti Khomariah_206190114_Upload.pdf

Download (1MB)

Abstract

Salah satu permasalahan yang dihadapi di sebuah lembaga adalah pengelolaan arsip. Arsip adalah aset paling berharga yang dimiliki lembaga ataupun organisasi. Pentingnya arsip sebagai suatu sumber informasi penting yang dapat menunjang proses kegiatan administrasi ataupun birokrasi dapat dijadikan sebagai alat rekaman informasi dari seluruh kegiatan suatu organisasi atau perseorangan Oleh karena itu, arsip perlu ditata dengan baik untuk membangun manajemen lembaga yang efektif, efisien, dan profesional demi kemajuan lembaga.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis : (1) Pelaksanaan kearsipan dalam meningkatkan kualitas layanan administrasi di SMA Bakti Ponorogo. (2) Faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan kearsipan dalam meningkatkan kualitas layanan administrasi di SMA Bakti Ponorogo. (3) Peran pelaksanaan kearsipan dalam meningkatkan kualitas layanan administrasi di SMA Bakti Ponorogo.
Dalam penelitian ini, peneliti penggunakan pendekatan kualitatif yang mana data yang dikumpulkan bukan berupa angka melaikan berupa naskah wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi, dalam memperoleh data yang lebih akurat. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya teknik analisis data yang digunakan yaitu model Interaktif yang meliputi redaksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi
Hasil penelitian ini adalah (1) Pelaksanaan kearsipan dalam meningkatkan kualitas layanan administarsi di SMA Bakti Ponorogo yaitu telah terlaksana secara efekti dan efisien, kemampuan adaptasi pengelola dengan mengikuti perkembangan zaman pada era digital sehingga banyak arsip yang sudah di backup pada soft file. Dimulai dari perencanaan surat masuk atau dokumen penting lainnya sekaligus pengelompokan setiap arsip yang telah di terima dengan tepat serta menghasilakn kualiatas arsip yang baik. Kepuasan kerja dimana staf yang selalu mengusahakan untuk memberikan pelayanan terbaik dan tanggung jawab, dimana petugas arsip melaksanakan proses kearsipan mulai dari perencanaan hingga evaluasi sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku. (2) Faktor pendukung diantaranya jumlah pegawai ada 5 dan pegawai yang memiliki kesadaran akan pentingnya arsip. Faktor penghambat diantaranya fasilitas yang kurang memadai dan penemuan arsip yang kurang maksimal. (3) Peran pelaksanaan kearsipan dalam meningkatkan kualitas layanan administrasi di SMA Bakti Ponorogo yaitu dalam meningkatkan kualitas layanan administrasi dari peran yang peneliti pakai dari teori Parasuraman sudah sesuai namun mungkin lebih ditingkatkan lagi mulai dari kecakapan pegawai dan penataan dokumen arsip agar lebih mudah dan cepat dalam pencarian. Karena pelayanan dalam pengukuran kualitas pelayanan mengacu pada perspektif konsumen yang mengharapkan layanan yang baik dari penyedia layanan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Abdul Kholiq
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Nov 2023 02:17
Last Modified: 17 Nov 2023 02:17
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26036

Actions (login required)

View Item View Item