Penerapan Etika Bisnis Islam Terhadap Kegiatan Produksi Pentol Corah Dan Otak-Otak Assegaf Jaya Ponorogo

Listiani, Vita (2023) Penerapan Etika Bisnis Islam Terhadap Kegiatan Produksi Pentol Corah Dan Otak-Otak Assegaf Jaya Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
401190326 VITA LISTIANI FIX.pdf

Download (1MB)

Abstract

Usaha Assegaf Jaya Ponorogo merupakan usaha yang bergerak di bidang kuliner yang memproduksi pentol corah dan otak-otak khas Kota Madiun. Dalam kegiatan produksi perlu memperhatikan etika produksi Islam dengan memenuhi prinsip-prinsip Islam. Menurut Yusuf Qardhawi prinsip-prinsip dalam produksi Islami yaitu berproduksi dalam lingkup yang halal, perlindungan sumber daya alam, dan memperhatikan target. Namun fakta di lapangan masih terdapat pelaku bisnis yang melanggar etika bisnis Islam terhadap kegiatan produksi, seperti penambahan zat yang haram, dan terdapat produsen yang menggunakan daging tiren sehingga akan merugikan konsumen. Kerugian konsumen berupa kehilangan materi, menurunnya kesehatan, dan hilangnya rasa percaya serta loyalitas konsumen menurun.
Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis penerapan kegiatan produksi pentol corah dan otak-otak di Assegaf Jaya Ponorogo, faktor pendorong dan kendala penerapan etika bisnis Islam terhadap kegiatan produksi pentol corah dan otak-otak Assegaf Jaya Ponorogo, dan dampak dari penerapan kegiatan produksi pentol corah dan otak-otak di Assegaf Jaya Ponorogo.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tektik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data didapat dalam penelitian yaitu data primer dan data sekunder.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penerapan etika bisnis terhadap kegiatan produksi pentol corah dan otak-otak Assegaf Jaya Ponorogo yaitu berproduksi dalam lingkup yang halal yaitu menggunakan bahan baku yang halal, tidak mencampur yang haram, menjaga kebersihan dan telah memiliki sertifikat halal dari MUI, perlindungan sumber daya alam dengan tidak adanya limbah produksi yang merusak lingkungan, memperhatikan target berupa terciptanya swasembada individu dan swasembada umat. Faktor pendorong berupa tenaga kerja yang bekerja sesuai keahlian, modal yang cukup, dan penggunaan bahan baku yang halal. Kendala berupa kelangkaan bahan baku pembuatan otak-otak yaitu ikan tengiri dan menggantinya dengan ikan tongkol. Dampak dari pelaksanaan etika bisnis islam terhadap kegiatan produksi yaitu dampak positif yang dapat dirasakan oleh pemilik usaha, tenaga kerja, dan konsumen. Sedangkan dampak negatif berupa kelangkaan bahan baku baku produksi otak-otak yang mempengaruhi kepuasan konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fitra Rizal
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Nov 2023 02:16
Last Modified: 17 Nov 2023 02:16
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26034

Actions (login required)

View Item View Item