Analisis Hukum Islam Terhadap Ijarah Dalam Praktik Paid Promote (Studi Kasus Paid Promote UKM SEIYA IAIN Ponorogo)

Ardiany, Ninda Varina (2023) Analisis Hukum Islam Terhadap Ijarah Dalam Praktik Paid Promote (Studi Kasus Paid Promote UKM SEIYA IAIN Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
102190032_NINDA VARINA ARDIANY_HUKUM EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ija>rah merupakan akad sewa menyewa yang dilakukan oleh mu’jir dengan musta’jir dengan tujuan untuk bertukar manfaat dan upah dari barang atau jasa yang dimiliki. Salah satu bentuk kegiatan muamalah yang memiliki tujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia seperti sewa menyewa atau pemanfaatan jasa dengan upah seperti kegiatan jasa paid promote, dalam hukum islam kegiatan paid promote termasuk dalam akad Ij>>>>>a<rah. Organisasi Intra kampus yang ada di IAIN Ponorogo yaitu UKM SEIYA (Unit Kegiatan Mahasiswa Seni Budaya) sering mengadakan kegiatan bertema seni dan budaya, selain dana dari kampus UKM SEIYA juga mencari dana lain melalui sponsor dan mengadakan Paid promote. Pelaksanaan paid promote yang di lakukan UKM SEIYA tak luput dari ketidaksesuaian antara syarat dan ketentuan yang ditawarkan oleh panitia. Dimana pada praktiknya terdapat ketidak sesuaian antara perjanjian diawal dengan pelaksanaannya. Dimana konsumen telah membayar upah sesuai dengan ketentuan yang telah dibuat oleh penyedia layanan paid promote, tetapi dalam praktik tersebut penyedia layanan jasa paid promote melakukan kesalahan dengan melanggar ketentuan yang telah dibuatnya, Jika terjadi hal seperti ini bagaimana tanggung jawab dari pihak mu’jir jika terjadi kesalah dalam praktik paid promote.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana analisis hukum islam terhadap pelaksanaan paid promote di UKM SEIYA? Bagaimana bentuk tanggung jawab mu’jir apabila wanprestasi paid promote di UKM SEIYA?
Skripsi ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Sedangkan tekhnik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode induktif.
Kesimpulan dari skripsi ini adalah pelaksanaan praktik paid promote UKM SEIYA yang dilakukan oleh panitia mengalami ketidaksesuaian dengan ketentuan ija>>>>rah, karena jumlah postingan yang ditawarkan dengan pelaksanaanya berbeda sehingga terjadi kecacatan pada akadnya, tetapi tidak seluruh transaksi mengalami cacat hanya beberapa saja. Sedangkan dalam teori pertanggung jawaban pelaku usaha ada bentuk pertanggung jawaban yaitu apabila karena cacat dalam pelaksanaanya maka bisa dengan bentuk tanggung jawab strich liability/ tanggung jawab mutlak, karena pelaku usaha (UKM SEIYA) sudah tahu kalau terjadi kesalahan, misal dengan mengembalikan sebagian uang yang telah dibayarkan oleh konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ima Frafikasari
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Nov 2023 02:13
Last Modified: 17 Nov 2023 02:13
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26031

Actions (login required)

View Item View Item