..(FILE KOSONG, UPLOAD ULANG)..PERILAKU MAHASISWA EKONOMI DAN BISNIS ISLAM IAIN PONOROGO TERHADAP PRODUK KOSMETIK YANG TIDAK BERLABEL HALAL

Dinar, Winuji (2023) ..(FILE KOSONG, UPLOAD ULANG)..PERILAKU MAHASISWA EKONOMI DAN BISNIS ISLAM IAIN PONOROGO TERHADAP PRODUK KOSMETIK YANG TIDAK BERLABEL HALAL. Masters thesis, IAIN PONOROGO.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Winuji, Dinar. Perilaku Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam IAIN Ponorogo Terhadap Produk Kosmetik yang Tidak Berlabel Halal. Skripsi. 2023. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Ruliq Suryaningsih, M.Pd.

Kata kunci: Produk, tidak berlabel halal dan kosmetik

Kosmetik merupakan hal yang wajib dimiliki terutama bagi kalangan mahasiswa guna menunjang penampilan mereka. Ada yang menggunakan kosmetik dengan melihat label halal dalam kemasan ada pula yang tidak memandang halal haram kosmetik yang ia gunakan. Penggunaan kosmetik mahasiswa pun dilatar belakangi oleh beberapa faktor. Teori milik Syaparuddin, terdapat empat prinsip dasar perilaku konsumsi seorang muslim dan teori milik Kotler dan Keller yang menjawab tentang faktor-faktor yang mempengaruhi pengunaan kosmetik merupakan teori yang tepat bagi peneliti untuk melakukan penelitian ini.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis perilaku mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Ponorogo terhadap produk kosmetik yang tidak berlabel halal dan untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam penggunaan produk kosmetik tidak berlabel halal pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Ponorogo.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yang bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yakni dengan menggambarkan bagaimana perilaku mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Ponorogo terhadap produk kosmetik yang tidak berlabel halal. Peneliti mendapatkan data dari hasil wawancara.
Hasil penelitian perilaku mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Ponorogo terhadap produk kosmetik yang tidak berlabel halal dapat ditinjau dari empat prinsip dasar perilaku konsumsi yaitu: a) proporsional, dimana dalam menggunakan kosmetik tidak berlebihan; b) kepedulian, mereka menggunakan kosmetik dengan peduli kepada orang lain; c) halal dan baik, dimana dalam menggunakan kosmetik ada yang melihat label halal pada kemasan dan ada yang tidak melihat label halal pada kemasan; d) hidup sederhana, dengan menggunakan kosmetik dengan hemat. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam penggunaan produk kosmetik tidak berlabel halal pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Ponorogo berdasarkan teori milik Kotler dan Keller, antara lain: a) Faktor sosial yaitu kelompok acuan, keluarga, kelas sosial. b) Faktor Pribadi yang meliputi usia, kondisi ekonomi, gaya hidup, dan kepribadian, c) faktor psikologis yang meliputi, motivasi, persepsi dan pengetahuan.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Ruliq Suryaningsih
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Nov 2023 02:10
Last Modified: 17 Nov 2023 02:10
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26028

Actions (login required)

View Item View Item