..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, TAMBAHKAN TANDA TANGAN DI ATAS MATERAI PADA LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)..TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PENETAPAN WALI HAKIM SEBAB PERGANTIAN NAMA AYAH KANDUNG (STUDI KASUS DI KANTOR URUSAN AGAMA (KUA) NGEBEL KABUPATEN PONOROGO)

Adianti, Linda (2023) ..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, TAMBAHKAN TANDA TANGAN DI ATAS MATERAI PADA LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)..TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PENETAPAN WALI HAKIM SEBAB PERGANTIAN NAMA AYAH KANDUNG (STUDI KASUS DI KANTOR URUSAN AGAMA (KUA) NGEBEL KABUPATEN PONOROGO). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Skripsi - Linda Adianti - Naskah.pdf

Download (1MB)

Abstract

Adianti, Linda. 2023. Tinjauan Hukum Islam terhadap Penetapan Wali Hakim Sebab Pergantian Nama Ayah Kadung (Studi Kasus Di Kantor Urusan Agama (KUA) Ngebel Kabupaten Ponorogo). Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Rif’ah Roihanah, S.H. M.Kn.
Kata Kunci/keyword : Hukum Islam, wali hakim, pergantian nama ayah kandung.
Penelitian ini dilatar belakangi adanya penetapan wali hakim sebab pergantian ayah kandung di Kantor Urusan Agama Kabupaten Ponorogo. Ayah kandung yang seharusnya dapat menjadi wali nikah untuk anaknya tidak dapat menjadi wali nikah karena dalam akta kelahiran anak hanya tercatat sebagai anak Ibu saja. Nama Ayah tidak tercantum karena beliau telah mengganti nama pada KTPnya sehingga nama tidak sesuai dengan akta nikahnya dulu. Secara hukum Islam, anak ini seharusnya memiliki wali nasab yang sah yakni Ayah, Kakek, Saudara laki-laki, Paman, maupun wali nasab yang lain, karena administrasi yang tidak terpenuhi tersebut, anak menjadi dianggap tidak memiliki wali nasab.
Maka dari itu, penetapan wali hakim sebab pergantian nama ayah kandung ini perlu di kaji menggunakan tinjauan Hukum Islam dengan rumusan masalah yakni: (1) bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap syarat administratif yang lebih diutamakan dalam pencatatan nikah di Kantor Urusan Agama Kecamatan Ngebel Kabupaten Ponorogo (2) bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap kedudukan wali hakim dalam pernikahan karena pergantian nama ayah kandung di Kantor Urusan Agama Kecamatan Ngebel Kabupaten Ponorogo.
Tujuan penelitian ini: Untuk mengetahui bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap syarat administratif yang lebih diutamakan dalam pencatatan nikah di Kantor Urusan Agama Kecamatan Ngebel Kabupaten Ponorogo. Dan untuk mengetahui bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap kedudukan wali hakim dalam pernikahan karena pergantian nama ayah kandung di Kantor Urusan Agama Kecamatan Ngebel Kabupaten Ponorogo. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode induktif, yaitu pembahasan yang dimulai dengan mengemukaan fakta empiris yang bersifat khusus kemudian ditarik generalisasi yang bersifat umum (penjelasan teoritis).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Syarat administratif yang lebih diutamakan dalam pencatatan nikah ini menurut hukum Islam diperbolehkan sesuai KHI Pasal 103, asal usul anak hanya dapat dibuktikan dengan akta kelahiran dan alat bukti lainnya. 2) Kedudukan wali hakim dalam pernikahan karena pergantian nama ayah kandung tersebut menurut hukum Islam sebagai pengganti wali karena wali adhal yakni dapat disimpulkan dari ayah kandung yang memilih untuk menyerahkannya saja kepada pihak KUA dan tidak mau mengurus akta kelahiran anak terlebih dahulu ke Pengadilan Agama.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Rif'ah Roihanah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Nov 2023 02:10
Last Modified: 17 Nov 2023 02:10
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26027

Actions (login required)

View Item View Item