..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, TAMBAHKAN WATERMARK, UPLOAD ULANG)..Pengelolaan Keuangan Pelaku Usaha Roti Bou Kering di Kabupaten Magetan

Kurniawati, Aisyah (2023) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, TAMBAHKAN WATERMARK, UPLOAD ULANG)..Pengelolaan Keuangan Pelaku Usaha Roti Bou Kering di Kabupaten Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
AISYAH KURNIAWATI-ES-40110143.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pengelolaan keuangan adalah suatu kegiatan untuk merencanakan, mengatur, mengarahkan, dan mengawasi seluruh aktivitas keuangan. Pada kegiatan usaha atau bisnis, pengelolaan keuangan menjadi salah satu aspek yang penting untuk diperhatikan. Akan tetapi pada kenyataanya masih banyak usaha atau bisnis yang mengesampingkan pengelolaan keuangan pada usahanya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan keuangan oleh pelaku UMKM Roti Bolu Kerig di Kabupaten Magetan. Metode Field Research digunakan untuk menganalisa penelitian. Dengan menggunakan deskriptif kualitatif, dan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara dan dokumentasi dengan teknik pengolahan data.
Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, pelaku Usaha Roti Bolu Kering di Kabupaten Magetan sudah melakukan pengelolaan keuangan meliputi perencanaan, pencatatan, pelaporan dan pengendalian. 1) Perencanaan dilakukan oleh pelaku usaha dengan menetapkan tujuan usaha dengan cara merencanakan anggaran dalam kegiatan usaha, mulai dari anggaran kegiatan produksi sampai kegiatan penjualan. 2) Pencatatan dilakukan pelaku usaha dengan cara mengumpulkan bukti transaksi seperti nota, kwitansi dan bukti transfer. 3) Pelaporan juga sudah dilakukan oleh pelaku usaha walaupun masih dilakukan seadanya sesuai kemampuan yang dimiliki pelaku usaha. Sehingga laporan keuangan yang dihasilkan masih belum rapi dan detail seperti pada laporan keuangan pada umumnya. Pada tahapan pencatatan dan pelaporan masih dilakukan secara manual di buku ataupun kertas. 4) Pelaku usaha juga sudah melakukan pengendalian pada standar atau target jumlah produksi dan produk yang akan dihasilkan oleh usaha tersebut, pengendalian pada produk yang cacat untuk dilakukan tindakan korektif, juga pengendalian pada pengelolaan keuangan dengan cara mengontrol kas yang keluar agar sesuai perencanaan yang dibuat oleh pelaku usaha.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ajeng Wahyuni
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Nov 2023 02:07
Last Modified: 17 Nov 2023 02:07
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26025

Actions (login required)

View Item View Item