Efektivitas Hukum Keputusan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Nomor 172 Tahun 2022 di KUA Geneng Kabupaten Ngawi

Istiqomah, Ananda Nur (2023) Efektivitas Hukum Keputusan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Nomor 172 Tahun 2022 di KUA Geneng Kabupaten Ngawi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
EFEKTIVITAS HUKUM KEPUTUSAN DIREKTUR JENDERAL BIMBINGAN MASYARAKAT ISLAM NOMOR 172 TAHUN 2022.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pelaksanaan bimbingan perkawinan pranikah di KUA Geneng Kabupaten Ngawi masih menemukan beberapa kendala. Untuk itu, KUA Geneng sebagai penyelenggara bimbingan perkawinan pranikah semestinya memiliki solusi terhadap faktor penghambat dalam bimbingan perkawinan pranikah. Namun, solusi yang diambil oleh KUA haruslah sesuai dengan Keputusan dan pedoman yang berlaku agar bimbingan perkawinan pranikah tetap berada dalam batas hukum dan memberikan manfaat yang diharapkan kepada calon pengantin. Untuk itu, pelaksanaan bimbingan perkawinan pranikah di KUA Geneng Kabupaten Ngawi perlu diukur menggunakan indikator efektivitas, agar dapat mengetahui apakah bimbingan tersebut sudah sesuai dengan Keputusan Direktur Jenderal bimbingan perkawinan pranikah ataukah belum.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana efektivitas hukum terhadap praktik bimbingan perkawinan pranikah di KUA Geneng Kabupaten Ngawi? Bagaimana efektivitas solusi terhadap faktor penghambat dalam pelaksanaan bimbingan perkawinan pranikah di KUA Geneng Kabupaten Ngawi?
Adapun skripsi ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Data primer dari penelitian ini adalah teori tentang efektivitas hukum, efektivitas organisasi, Keputusan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Nomor 172 Tahun 2022, bimbingan perkawinan pranikah, Hasil Wawancara dari para staff KUA dan peserta bimbingan perkawinan pranikah. Sedangkan data sekunder adalah buku dan literatur yang berhubungan dengan kajian penelitian. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode induktif.
Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa jika ditinjau dari efektivitas, pelaksanaan serta solusi terhadap faktor penghambat dalam bimbingan perkawinan pranikah di KUA Geneng dirasa kurang efektif. Hal ini dikarenakan masih terdapat beberapa faktor penghambat efektivitas, yaitu dari KUA Geneng sebagai penegak hukum yang belum lengkap menyediakan sarana bimbingan secara online serta penerapan solusi dalam bimbingan yang tidak sesuai dengan Keputusan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Nomor 172 Tahun 2022. Selanjutnya yaitu dari peserta bimbingan yang kurang menyadari pentingnya bimbingan perkawinan pranikah karena merasa bahwa bimbingan tersebut hanya formalitas semata ssehingga peserta enggan untuk meninggalkan urusan yang dirasa lebih penting.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Farida Sekti Pahlevi
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Nov 2023 02:06
Last Modified: 17 Nov 2023 02:06
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26024

Actions (login required)

View Item View Item