Strategi Pemberdayaan Paguyuban Bumi Semendung dalam Meningkatkan Kesejahteraan Anggota (Studi pada Lapak UMKM Bumi Semendung Kelurahan Klegen, Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun)

Ariendra, Ahmad Fariz (2023) Strategi Pemberdayaan Paguyuban Bumi Semendung dalam Meningkatkan Kesejahteraan Anggota (Studi pada Lapak UMKM Bumi Semendung Kelurahan Klegen, Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
401190214_Ahmad Fariz Ariendra_Ekonomi Syariah.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kesejahteraan oleh sebagian masyarakat selalu dikaitkan dengan konsep kualitas hidup. Konsep kualitas hidup merupakan gambaran tentang keadaan kehidupan yang baik. Kesejahteraan menjadi idaman setiap orang dan setiap masyarakat, bahkan setiap negara. Pemerintah Kota Madiun dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melakukan pembangunan sebuah inovasi Lapak UMKM. Salah satunya Lapak UMKM Bumi Semendung yang dikelola oleh Paguyuban Bumi Semendung. Melihat adanya potensi dari Lapak UMKM Bumi Semendung, Paguyuban Bumi Semendung melakukan strategi pemberdayaan yang dilakukan untuk meningkatkan kesejahateraan anggotanya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi pemberdayaan Paguyuban Bumi Semendung dalam meningkatkan kesejahteraan anggota, dan untuk menganalisis dampak penerapan strategi pemberdayaan Paguyuban Bumi Semendung dalam meningkatkan kesejahteraan anggota. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan Paguyuban Bumi Semendung yang menjadi pengurus maupun anggota.
Hasil penelitian ini diperoleh bahwa strategi pemberdayaan Paguyuban Bumi Semendung dalam meningkatkan kesejahteraan anggota yaitu, peningkatan kompetensi anggota, standarisasi harga produk pedagang, dan memperkuat keinternalan antar anggota. Dampak penerapan strategi pemberdayaan Paguyuban Bumi Semendung dalam meningkatkan kesejahteraan anggota dapat dikatakan berdampak positif. Hal tersebut dapat dilihat dari indikator kesejahteraan anggota yang menunjukkan akibat-akibat yang mengarah positif seperti peningkatan pendapatan anggota yang dapat memelihara kesehatan, memenuhi pendidikan anak, dan memenuhi kebutuhan operasional dasar rumah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yunaita Rahmawati
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Nov 2023 07:21
Last Modified: 16 Nov 2023 07:21
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26019

Actions (login required)

View Item View Item