FENOMENA PERNIKAHAN PADA MASA STUDI MAHASISWA STRATA 1 IAIN PONOROGO (ANALISIS PSIKOLOGI KELUARGA)

Hidayat, Alfani Roman (2023) FENOMENA PERNIKAHAN PADA MASA STUDI MAHASISWA STRATA 1 IAIN PONOROGO (ANALISIS PSIKOLOGI KELUARGA). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
alfani Roman Hidayat_101190116_ uplode theses.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hidayat, Alfani Roman. 2023. Fenomena Pernikahan Pada Masa Studi Mahasiswa Strata 1 Iain Ponorogo (Analisis Psikologi Keluarga). Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Muh. Maksum, M.E.Sy.
Kata kunci: Pernikahan, psikologi keluarga, faktor pernikahan
Pada penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya mahasiswa yang menikah pada masa perkuliahan yang menimbulkan dampak positif dan negatif. Fenomena pernikahan pada masa studi oleh mahasiswa juga banyak terjadi di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pernikahan yang dilakukan ketika masa studi menjadi fenomena yang menarik perhatian untuk diteliti, baik dari segi motivasi, religi, psikologi, dan juga akademik. Pernikahan yang sedang dijalani mahasiswa mungkin tidak mudah karena setelah menikah mereka memiliki peran ganda mengurus rumah tangga dan pendidikan.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis psikologi keluarga terhadap dampak dan latar belakang yang mempengaruhi mahasiswa IAIN Ponorogo menikah pada masa studi.
Penelitian skripsi ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskrisptif yang menghasilkan data berupa kata-kata tertulis atau lisan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan narasumber yang merupakan mahasiswa IAIN Ponorogo sudah menikah pada masa studi. Jenis penelitian field research (penelitian lapangan) dimana menggambarkan keadaan yang sebenarnya terjadi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa latar belakang yang mempengaruhi mahasiswa IAIN Ponorogo yang melakukan pernikahan pada masa studi adalah faktor orang tua, lingkungan, dan agama. Adapun dampak mahasiswa IAIN Ponorogo yang melakukan pernikahan pada masa studi berdampak positif dan negatif. Dampak positifnya yaitu menambah semangat belajar, saling membantu satu sama lain dalam hal kuliah dan juga pekerjaanya suaminya, bisa menjadi lebih dewasa dalam berfikir dan menyelesaikan masalah, merasa nyaman dan aman dari zina karena memiliki hubungan yang sah. Sedangkan negatifnya yaitu kurangnya waktu bersama karena suami informan kebanyakan jauh dari pasanagn, bertambahnya tanggung jawab yang besar, kesulitan membagi waktu antara keluarga dan juga kuliah karena peran ganda yang dilakukan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muh. Maksum
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Nov 2023 07:20
Last Modified: 16 Nov 2023 07:20
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26016

Actions (login required)

View Item View Item