Pembimbingan Karakter Religius Pada Masyarakat Melalui Jam’iyah Tahlil Di Dusun Tawangsari Desa Wotanngare Kecamatan Kalitidu Kabupaten Bojonegoro

Yusuf, Ahmad Syaifullah (2023) Pembimbingan Karakter Religius Pada Masyarakat Melalui Jam’iyah Tahlil Di Dusun Tawangsari Desa Wotanngare Kecamatan Kalitidu Kabupaten Bojonegoro. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190312_Ahmad Syaifullah Yusuf_PAI.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Syaifullah Yusuf, Ahmad. 2023. Pembimbingan Karakter Religius pada Masyarakat Melalui Jam’iyah Tahlil di Dusun Tawangsari Desa Wotanngare Kecamatan Kalitidu Kabupaten Bojonegoro. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Syaiful Arif, M.Pd.
Kata Kunci: Pembimbingan, Karakter, Religius, jam’iyah tahlil

Karakter religius merupakan Salah satu nilai yang sangat penting dalam membantu masyarakat, nilai religius mampu membantu masyarakat untuk mengembangkan perilaku yang mencerminkan adanya kesalehan sosial. Nilai karakter religius dapat diperoleh salah satunya melalui jam’iyah tahlil di Dusun Tawangsari. Di dalam jam’iyah tahlil masyarakat dibimbing untuk menerapkan nilai-nilai karakter religius agar karakter religius pada anggota yang sebelumnya kurang menjadi lebih baik lagi.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan kondisi masyarakat yang mengikuti jam’iyah di Dusun Tawangsari Desa Wotanngare Kecamatan Kalitidu Kabupaten Bojonegoro, (2) Mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan jam’iyah dalam membimbing karakter religius masyarakat di Dusun Tawangsari Desa Wotanngare Kecamatan Kalitidu Kabupaten Bojonegoro (3) Mendeskripsikan implikasi kegiatan jam’iyah dalam membentuk karakter religius masyarakat di Dusun Tawangsari Desa Wotanngare Kecamatan Kalitidu Kabupaten Bojonegoro
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus bersifat analisis deskriptif. Penelitian dilakukan di jam’iyah Dusun Tawangsari Desa Wotanngare Kecamatan Kalitidu Kabupaten Bojonegoro dengan Pengambilan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan model Milles & Huberman meliputi Pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kondisi masyarakat di Dusun Tawangsari masih perlu pembimbingan, hal tersebut dapat dilihat dari beberapa warga yang masih percaya hal-hal mistis, ada yang belum menjalankan sholat berjamaah, dan hubungan silaturahmi yang kurang terjaga (2) pembimbingan dalam jam’iyah tahlil dilakukan secara bersama-sama melalui serangkaian acara tahlil dan istighasah yang secara rutin dilakukan setiap minggu, yang didalam kegiatannya memuat nilai karakter religius seperti nilai silaturahmi, Ikhlas, syukur, sabar, serta nilai wawasan yang seimbang, dan semangat persaudaraan (3) jam’iyah tahlil Dusun Tawangsari berhasil melakukan pembimbingan dengan meningkatkan karakter religius diantaranya taat kepada Allah, ikhlas, tanggung jawab, dan toleran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Syaiful Arif
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Nov 2023 06:07
Last Modified: 16 Nov 2023 06:07
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26005

Actions (login required)

View Item View Item