Pengaruh Inflasi, Indeks Pembangunan Manusia dan Tenaga Kerja Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Jawa Timur Tahun 2013-2022

Afiati, Annisa (2023) Pengaruh Inflasi, Indeks Pembangunan Manusia dan Tenaga Kerja Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Jawa Timur Tahun 2013-2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
401190225 ANNISA AFIATI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Afiati, Annisa. Pengaruh Inflasi, Indeks Pembangunan Manusia dan Tenaga Kerja Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Jawa Timur Tahun 2013-2022. Skripsi. 2023. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Dr. Hj. Ely Masykuroh, S.E., M.SI.
Kata kunci: Pertumbuhan Ekonomi, Inflasi, Indeks Pembangunan Manusia dan Tenaga Kerja.
Pertumbuhan ekonomi merupakan salah satu tolak ukur penting dalam menentukan keberhasilan pembangunan ekonomi. Tujuan daripada pembangunan ekonomi mengarah pada kesejahteraan ekonomi masyarakat. Tetapi pada penelitian ini terdapat ketidaksesuaian terkait inflasi, indeks pembangunan manusia dan tenaga kerja terhadap pertumbuhan ekonomi. Ketidaksesuaian tersebut terdapat pada data inflasi yang terus meningkat di tahun yang sama di wilayah Provinsi Jawa Timur, tetapi data pertumbuhan ekonomi mengalami peningkatan. Begitu juga dengan indeks pembangunan manusia dan tenaga kerja terdapat data yang terus meningkat di tahun yang sama, akan tetapi pertumbuhan ekonomi justru mengalami penurunan.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan studi dokumentasi. Data yang diteliti dalam penelitian ini berupa data tahunan 2013-2022 (tanpa tahun 2016). Jumlah observations dalam penelitian ini sebanyak 63 yang terdiri dari 7 Kabupaten/Kota. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Metode analisis penelitian ini menggunakan regresi data panel yang dilakukan dengan tahapan metode estimasi data panel, pemilihan model regresi data panel, uji asumsi klasik dan uji signifikansi dengan bantuan software Eviews.
Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa 1) Variabel Inflasi berpengaruh signifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi. 2) Variabel Indeks Pembangunan Manusia berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi. 3) Variabel Tenaga Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi. 4) Variabel Inflasi, Indeks Pembangunan Manusia dan Tenaga Kerja secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ely Masykuroh
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Nov 2023 06:03
Last Modified: 16 Nov 2023 06:03
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26002

Actions (login required)

View Item View Item