Implementasi Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila di SMP Negeri 2 Ngariboyo Magetan

Riyanti, Eva (2023) Implementasi Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila di SMP Negeri 2 Ngariboyo Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190078_EVA RIYANTI_PAI .pdf

Download (1MB)

Abstract

Riyanti, Eva. 2023, Implementasi Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila di SMP Negeri 2 Ngariboyo Magetan, Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing, Arif Wibowo, M. Pd.I.
Kata Kunci: Implementasi, Nilai-nilai, Profil Pelajar Pancasila.
Pembelajaran berbasis profil pelajar Pancasila adalah salah satu hal yang baru di dalam dunia pendidikan. Cita-cita pendidikan nasional adalah mengembangkan dan membentuk karakter bangsa. Untuk membantu pembentukan karakter bangsa, harus ada nilai-nilai yang dikembangkan dalam pendidikan karakter yang berakar pada tujuan agama, Pancasila, kebudayaan, dan pendidikan nasional.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan implementasi nilai�nilai Profil Pelajar Pancasila di SMP Negeri 2 Ngariboyo Magetan. (2) untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat implementasi nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila di SMP Negeri 2 Ngariboyo Magetan.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dilakukan di SMP Negeri 2 ngariboyo Magetan dan dilaksanakan secara langsung di lapangan. Dalam pengambilan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian data tersebut dianalisis dan diuji keabsahannya dan dideskripsikan dalam laporan penelitian.
Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti sebagai berikut: 1) Profil Pelajar Pancasila di SMPN 2 Ngariboyo menerapkan pembiasaan sesuai dengan indikator yang pertama yakni, beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia yang diwujudkan dengan cara berdoa sebelum dan sesudah kegiatan serta mengedepankan ibadah. Kedua, berkhebinakaan global yang diwujudkan dengan cara memberi contoh toleransi terhadap siswa lain. Ketiga, gotong royong yang diwujudkan dengan cara memberikan tugas kelompok kepada siswa sehingga dapat bekerjasama dalam menyelesaikan tugas. Keempat, mandiri yang diwujudkan dengan cara memeberikan tugas secara mandiri agar siswa dapat menyelesaikan persoalan sendiri sehingga menciptakan jiwa mandiri. Kelima, bernalar kritis yang diwujudkan dengan memberikan contoh persoalan kepada siswa serta menyelesaikannya dengan baik. Keenam, kreatif yang diwujudkan dengan memfasilitasi siswa dalam pembuatan karya topi capil yang terbuat dari bambu. 2) faktor pendukung dari implementasi nilai-nilai profil Pancasila ini yaitu adanya program-program sekolah dan kegiatan-kegiatan di lingkungan sekolah seperti kunjungan produksi pembuatan kerajinan di lingkungan masyarakat kemudian pembiasaan seperti ekstrakurikuler dan adanya dukungan dari guru di SMP untuk membimbing dan menerapkan pembiasaan setiap hari pada siswa. Sedangkan faktor penghambat dari implementasi profil pelajar Pancasila yaitu pemahaman tenaga guru tentang prinsip P5 sehingga siswa kadang dalam penerapan P5 kurang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Wibowo
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Nov 2023 06:02
Last Modified: 16 Nov 2023 06:02
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26001

Actions (login required)

View Item View Item