Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Sanksi Pembiayaan Murabahah Bagi Nasabah Yang Bermasalah Di BMD Syariah Dagangan

Ikaputri, Kamelia (2023) Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Sanksi Pembiayaan Murabahah Bagi Nasabah Yang Bermasalah Di BMD Syariah Dagangan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
102190017_Kamelia Ikaputri_HES.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Kamelia Ikaputri 2023. Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Sanksi Pembiayaan Murabahah Bagi Nasabah Yang Bermasalah Di BMD Syariah Dagangan. Skripsi Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syari’ah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Anis Hidayatul Imtihanah, M.H.I.
Kata Kunci: Murabahah, Pembiayaan Syariah, Lembaga Keuangan Syariah
BMD Syariah Dagangan adalah salah satu lembaga keuangan syariah yang sistem operasinya berdasarkan dengan prinsip syariah. Dan saat ini terdapat fenomena yang terjadi di BMD Syariah Dagangan. Fenomena tersebut adalah banyaknya nasabah yang mengalami penundaan pembayaran. Keadaan tersebut terjadi karena nasabah tidak mampu membayar hutangnya sesuai dengan kesepakatan yang telah tertuang dalam akad. Untuk mengatasi masalah pada pembayaran tersebut BMD Syariah perlu memberikan hukuman kepada nasabahnya yang lalai. Hal ini bertujuan agar nasabah yang lalai tersebut jera dan tidak akan mengulangi perbuatannya lagi. Sejauh ini pengelolaan pembiayaan di BMD Syariah tidak selamanya akan berjalan dengan mulus. Hal ini dapat diamati dari adanya sejumlah pembiayaan yang mengalami keterlambatan dalam mengangsur. Hal tersebut secara otomatis menyebabkan terjadinya wanprestasi. Pembiayaan bermasalah dapat didefinisikan sebagai yang mengalami kendala sehingga menyebabkan pembayaran tertunda dan tidak lancar.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana tinjauan ekonomi syariah terhadap praktik pembiayaan murabahah di BMD Syariah Dagangan? Bagaimana tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap sanksi murabahah bagi nasabah yang bermasalah di BMD Syariah Dagangan.
Adapun penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) sedangkan teknik pengumpulan data dengan menggunkan wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode induktif.
Dalam penelitian yang dilakukan selama skripsi dapat disimpulkan bahwa pembiayaan murabahah yang dilakukan di BMD Syariah Dagangan jika ditinjau dari ekonomi islam, akad yang dilakukan telah sesuai dengan prinsip islam serta terpenuhi rukun dan syaratnya. Namun untuk pemberian sanksi berupa denda belum sesuai dengan fatwa DSN MUI No.17/DSN/MUI/IX/2000 dan KHES dikarenakan pihak BMD yariah belum bisa memastikan secara langsung apa penyebab dari keterlambatan pembayaran ansuran tersebut apakah didalamnya terdapat unsur kesengajaan atau tidak ada unsur kesengajaan. Hal itu menjadi pembeda untuk pemberian sanksinya. Selain itu untuk dana sosial juga belum sepenuhnya sesuai dengan fatwa DSN MUI No.17/DSN/MUI/IX/2000 karena sebagian dana yang bersumber dari dana denda, sebagian masih dipergunakan untuk kepentingan pribadi BMD Syariah itu sendiri.hal itu tidak sesuai karena dalam fatwa DSN MUi No. 17 Tahun 2000 telah diatur untuk dana yang bersumber dari dana denda harus sepenuhnya disalurkan untuk dana sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Anis Hidayatul Imtihanah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Nov 2023 06:01
Last Modified: 16 Nov 2023 06:01
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26000

Actions (login required)

View Item View Item