Implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) di Desa Sidoharjo Dalam Upaya Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Miskin

Wardani, Sasima Rosita (2023) Implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) di Desa Sidoharjo Dalam Upaya Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Miskin. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
sasima (1) upload_032031.pdf

Download (1MB)

Abstract

Wardani, Sasima Rosita. Implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) di Desa Sidoharjo dalam Upaya Peningkatan Kesejahteraan Masayarakat Miskin. Skripsi. 2023. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Ajeng Pipit Fitriani, M.S.A.
Kata Kunci: Implementasi, Program Keluarga Harapan (PKH), Kesejahteraan Masyarakat
Pemerintah Indonesia mulai tahun 2007 telah menerbitkan program keluarga harapan (PKH). Program ini di kenal dengan istilah Conditional Cash Transfer (CCT) atau yang disebut dengan bantuan tunai bersyarat. PKH adalah program perlindungan sosial yang memberikan bantuan tunai kepada keluarga penerima manfaat (KPM) diwajibkan melaksanakan persyaratan dan ketentuan yang telah ditetapkan. Program ini dalam jangka pendek bertujuan mengurangi beban KPM dan dalam jangka panjang diharapkan dapat memutus tali kemiskinan antar generasi, sehingga generasi berikutnya dapat keluar dari kemiskinan.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi Program Kelurga Harapan (PKH) di Desa Sidoharjo untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat miskin. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dalam pengumpulan data menggunakan tektik wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa proses implementasi PKH di Desa Sidoharjo sudah berjalan dengan baik dalam mensejahterakan masyarakat miskin melalui berbagai tahapan-tahapannya, tetapi dengan menggunakan pendekatan ekonomi islam, implementasi tersebut belum memenuhi prinsip keadilan dan pertanggungjawaban. Adanya antusias yang tinggi dari peserta dan koordinasi yang baik menjadikan faktor pendorong, sedangkan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang tidak taat aturan, pendidikan dan usia menjadikan faktor penghambat implementasi PKH di Desa Sidoharjo. Dampak positif yang ditimbulkan dalam PKH ini adalah meningkatnya pendidikan anak ke jenjang yang lebih tinggi, sedangkan dampak negatifnya, masyarakat ketergantungan aakan bantuan tersebut. Peningkatan pada pendidikan anak di Desa Sidoharjo untuk menunjukan bahwa kesejahteraan masyarakat mulai mengalami kenaikan secara bertahap yang berawal dari sumber daya manusianya. Jika PKH terus dijalankan pastinya kesejahteraan masyarakat Desa Sidoharjo akan terus mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ajeng Pipit Fitriani
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Nov 2023 05:51
Last Modified: 16 Nov 2023 05:51
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25977

Actions (login required)

View Item View Item