..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..Tinjauan Maqasid Syariah Terhadap Proses Penyembelihan Dan Jual Beli Ayam Potong Di Kecamatan Geger Kabupaten Madiun

Faizin, Muhammad Almar (2023) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..Tinjauan Maqasid Syariah Terhadap Proses Penyembelihan Dan Jual Beli Ayam Potong Di Kecamatan Geger Kabupaten Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
102190025_MUHAMMAD ALMAR FAIZIN_HES.pdf

Download (571kB)

Abstract

Faizin, Muhammad Almar. 2023. “Tinjauan Maqasid Shari‘ah Terhadap Proses Penyembelihan dan Jual Beli Ayam Potong di Kecamatan Geger Kabupaten Madiun”. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Nugroho Noto Diharjo, M.E.
Kata Kunci: Maqasid Shari‘ah, Jual Beli, Ayam Potong.
Semua perintah dalam ajaran Islam pasti dimaksudkan untuk kemaslahatan hidup, sebaliknya semua larangan pasti mengakibatkan kemudharatan dalam tatanan hidup. Demikian pula dalam jual beli, yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari seluruh sistem ajaran Islam, hal-hal yang menjadi prinsip atau perlu dikembangkan pasti berujung pada kemaslahatan kehidupan seperti halnya larangan melakukan kegiatan riba. Praktek jual beli ayam potong di Kecamatan Geger terletak di sepanjang jalan Desa Geger. Pada akad transaksi jual beli di Kecamatan Geger ini sudah memenuhi rukunnya. Akan tetapi masih banyak para penjual ayam potong yang kurang memperhatikan prinsip-prinsip jual beli. Di mana para penjual hanya memikirkan bagaimana mereka mendapatkan keuntungan dari barang yang mereka miliki.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menjelaskan tinjauan maqasid shari‘ah terhadap etika penyembelihan ayam potong di Kecamatan Geger Kabupaten Madiun, (2) menjelaskan tinjauan maqasid shari‘ah terhadap praktik jual beli ayam potong di Kecamatan Geger Kabupaten Madiun.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Metode yang digunakan berupa metode observasi, interview, dokumentasi dan analisis data. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. teknik pengumpulan secara triangulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif/kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi.
Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Etika penyembelihan ayam potong oleh beberapa pedagang ayam di kecamatan Geger ditinjau dari maslaḥat segi substasi dibagi sesuai tujuanya dan aspek pengaruhnya dalam kehidupan manusia koheren dengan dimensi hajjiyat. Dimana ayam potong ini merupakan suatu kebutuhan bagi masyarakat kecamatan Geger yang mana dalam penyembelihannya sesuai yang dijelaskan di atas sudah sesuai dengan syariat Islam dan memenuhi syarat halal untuk dikonsumsi bagi masyarakat. (2) Praktik jual beli ayam potong di kecamatan Geger ditinjau dari maslahat segi substasi atau tujuanya sangat berpengaruh dalam kehidupan masyarakat, dimana masyarakat dapat dengan mudah untuk mendapatkan ayam ketika membutuhkan tanpa harus jauh-jauh datang ke pasar sudah bisa membelinya. Dalam hal ini juga koheren dengan dimensi hajjiyat yang diperlukan oleh masyarakat untuk mempermudah dalam memenuhi kebutuhan dan menghilangkan kesulitan. Kemudian dilihat dari cakupanya yang dikaitkan dengan komunitas atau jamaah atau individu, praktik jual beli ayam potong di kecamatan Geger koheren dengan maslahat kulliyat, dimana kebaikan dan manfaatnya kembali pada masyarakat, menjadi lebih mudah dan praktis dalam memenuhi kebutuhan salah satunya kebutuhan akan protein ayam untuk dikonsumsi dalam kehidupan sehari-harinya

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Nugroho Noto Diharjo
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Nov 2023 05:50
Last Modified: 16 Nov 2023 05:50
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25975

Actions (login required)

View Item View Item