UPAYA NAZIR DALAM PENGHIMPUNAN DANA WAKAF DARI LUAR NEGERI (Studi Kasus di Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo)

Fauziyyah, Ni'matul (2023) UPAYA NAZIR DALAM PENGHIMPUNAN DANA WAKAF DARI LUAR NEGERI (Studi Kasus di Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo). Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
e-Thesis_503210038_Ni'matul Fauziyyah.pdf

Download (2MB)

Abstract

UPAYA NAZIR DALAM PENGHIMPUNAN DANA WAKAF
DARI LUAR NEGERI
(Studi Kasus di Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo)
ABSTRAK
Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Kecamatan Jambon adalah nazir organisasi yang bergerak di bidang sosial, keagamaan, pendidikan dan kemasyarakatan sebagaimana yang tertera pada Pasal 10 ayat (2) UU No. 41 tahun 2004 tentang wakaf. Untuk dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dalam mengelola wakaf, maka dibutuhkan penghimpunan dana wakaf (fundraising). Penghimpunan dana wakaf (fundraising) berperan penting bagi lembaga atau organisasi sosial dalam upaya mendukung jalannya program dalam kegiatan roda operasional yang telah digariskan. Dalam hal ini terdapat keunikan dan menarik untuk dikaji bahwa nazir organisasi Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Kecamatan Jambon melakukan upaya yang menarik yaitu menghimpun sumber wakaf dari Luar Negeri.
Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian lapangan menggunakan metode kualitatif. Sedangkan tehnik pengumpulan data menggunaka observasi dan wawancara. Analisis yang digunakan menguakan metode deduktif yakni memaparkan teori terlebih dahulu dan dilanjutkan dengan fakta lalu menarik kesimpulan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi nazir dalam menghimpun dana wakaf dari luar negeri, menjelaskan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan serta menggali implikasi penghimpunan dana wakaf dari Luar Negeri. Penelitian ini dilaksanakan di lima masjid Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo.
Hasil kesimpulan dalam penelitian ini adalah Strategi nazir Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Kecamatan Jambon dalam menghimpun dana wakaf dari luar negeri untuk membangun masjid ini menggunakan metode fundraising tidak langsung (indirect fundraising) adalah dengan menggunakan perantara yaitu melalui Yayasan Bina’ Muwahhidin dari Surabaya. Transparansi pada pengelolaan penghimpunan dana wakaf dari Luar Negeri belum bisa dikatakan transparan secara maksimal akan tetapi tidak memiliki kendala yang berarti dalam mengelola dana wakaf dari luar negeri, dan untuk akuntabilitas dalam mengelola dana wakaf dari Luar Negeri di masjid sebagian telah melakukan pengelolaan sesuai prinsip akuntabilitas, dan sebagian belum maksimal dalam melakukan pengelolaan akuntabilitas. Implikasi penghimpunan dana dari Luar Negeri memberikan dampak yang nyata bagi lembaga atau organisasi terutama nazir organisasi Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Jambon dan masyarakat di Kecamatan Jambon, yaitu: memberikan citra yang baik dikalangan masyarakat sekitar, memudahkan untuk mengelola tanah wakaf sesuai dengan peruntukannya, dan pemenuhan bangunan masjid yang cepat, tercapainya tujuan dan target pengembangan tanah wakaf di Kecamatan Jambon.
Kata Kunci : Penghimpunan Dana, Nazir, Wāqif.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Miftahul Huda Rohmah Maulidia
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Nov 2023 05:46
Last Modified: 16 Nov 2023 05:46
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25967

Actions (login required)

View Item View Item