..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG)..KEBIJAKAN PENGELOLAAN ANGGARAN DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SMP N 1 SAWOO

Kholifatun Qasanah, Ummi (2023) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG)..KEBIJAKAN PENGELOLAAN ANGGARAN DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SMP N 1 SAWOO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
206180060_UMMI KHOLIFATUN QASANAH_MPI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Kholifatun Qasanah, Ummi, 2022. Kebijakan Pengelolaan Anggaran Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Smp N 1 Sawoo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Mukhibat, M.Ag.

Kata kunci: Kebijakan, pengelolaan anggaran, mutu pendidikan
Di masa Era globalisasi ini pendidikan memiliki peranan yang sangat penting dalam meningkatkan persaingan kualitas atau mutu pendidikan. Akan tetapi banyak masalah mutu yang terjadi dalam dunia pendidikan 1) Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan dan menganalisis langkah-langkah kebijakan pengelolaan anggaran dalam peningkatan mutu pendidikan di SMP N 1 Sawoo, 2) Mendeskripsikan dan menganalisis implementasi kebijakan pengelolaan anggaran dalam peningkatan mutu pendidikan di SMP N 1 Sawoo, 3) Mendeskripsikan dan menganalisis implikasi penerapan kebijakan pengelolaan anggaran dalam peningkatan mutu pendidikan di SMP N 1 Sawoo.
Dalam penelitian ini meggunakan metode pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kondensasi data tampilan data, kesimpulan, pengecekan keabsahan data menggunakan teknik trigulasi.
Hasil penelitian yang di peroleh menunjukkan bahwa kepala sekolah SMP N 1 Sawoo telah melaksanakan kebijakan yang baik dalam pengelolaan anggaran untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah tersebut, adapun yang dapat membuktikan yaitu dalam bentuk sarana prasarana sekolah, gedung gedung sekolah yang mulai merata, infrastuktur sekolah yang mulai terpenuhi. Dalam kesimpulannya, kebijakan pengelolaan anggaran yang baik dan efektif sangat penting dalam peningkatan mutu pendidikan di SMP N 1 Sawoo.
Perencanaan anggaran yang baik, pengelolaan yang transparan dan akuntabel, serta partisipasi dari semua pihak terkait merupakan faktor penting dalam keberhasilan kebijakan pengelolaan anggaran di sekolah. Namun, masih terdapat kendala yang perlu diatasi dalam pelaksanaan kebijakan tersebut. Oleh karena itu, perlu adanya perbaikan dan perhatian yang terus-menerus dalam pengelolaan anggaran di setiap sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan walaupun tidak semua masalah berkaitan dengan dana namun pendidikan yang berkulitas membutuhkan dana yang cukup banyak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: MUKHIBAT
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Nov 2023 05:44
Last Modified: 16 Nov 2023 05:44
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25965

Actions (login required)

View Item View Item