..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJAN, UBAH FILE KE PDF, UPLOAD ULANG)..KONSEP MUALAF DALAM TAFSIR AL-MISBAH (STUDI TAFSIR TEMATIK)

JANNAH, RISA'A DA'IMATUL (2023) ..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJAN, UBAH FILE KE PDF, UPLOAD ULANG)..KONSEP MUALAF DALAM TAFSIR AL-MISBAH (STUDI TAFSIR TEMATIK). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
301190053_RISAA DAIMATUL_IAT.docx

Download (722kB)

Abstract

Manusia membutuhkan agama karena manusia merupakan makhluk sosial, fungsi agama adalah memebedakan manusia dengan makhluk hidup yang lain, menghindarkan dari kekacauan, menanamkan nilai moral dan etika serta budi pekerti yang luhur. Disamping itu, manusia memili hak asasi yang diberikan oleh Tuhan, salah satunya adalah kebebasan beragama. Kebebasan beragama ini menimbulkan konversi agama atau perpindahan agama, seseorang yang berpindah ke agama Islam mendapat gelar mualaf. Menjadi seorang mualaf tentu memiliki konsekuensi yang cukup berat, sehingga membutuhkan pembinaan secara keagamaan maupun sosial budaya. Peneliti memiliki ketertarikan pada konsep pembinaan mualaf menurut M. Qurais Shihab dalam Tafsir Al-Misbah.
Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kepustakaan (library research). Penelitian ini menggunakan pendekatan tafsir tematik (maudhu’i). Dalam penelitian ini penulis mengajukan dua rumusan masalah; Bagaimana konsep mualaf dalam Tafsir Al-Misbah dan Bagaimana konsep pembinaan mualaf dalam tafsir Al-Misbah.
Hasil dari penelitian ini adalah pertama, mualaf adalah orang-orang yang dilunakkan hatinya, yang terbagi menjadi dua golongan, yaitu golongan kafir dan muslim. Yang termasuk golongan kafir adalah orang-orang yang memiliki kecenderungan masuk Islam dan orang kafir yang dikhawatirkan menganggu umat Islam. Sedangkan golongan muslim adalah mereka yang belum mantap imannya, mereka yang berpengaruh dalam masyarakatnya dan mereka yang berjihad melawan pendurhaka pembangkang zakat. Kedua, pembinaan mualaf dalam tafsir Al-Misbah mencakup pembinaan internal dan eksternal. Pembinaan internal berupa pembinaan keagamaan, akhlak dan amal sholeh. Sedangkan pembinaan eksternal berupa pembinaan lingkungan sosial yang mengandung nilai tolong menolong, amar ma’ruf nahi munkar, solidaritas sosial dan persaudaraan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Faiq Ainurrofiq
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Ilmu Al Qur’an dan Tafsir
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Nov 2023 05:33
Last Modified: 15 Nov 2023 05:33
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25962

Actions (login required)

View Item View Item