Pengembangan Media Pembelajaran PAI Aplikasi Aku, Kamu, dan Bani Abbasiyah (Akamsi) Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMPN 1 Slahung

Rosyidin, Muhammad Ridwan Azharu (2023) Pengembangan Media Pembelajaran PAI Aplikasi Aku, Kamu, dan Bani Abbasiyah (Akamsi) Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMPN 1 Slahung. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190423_Muhammad Ridwan Azharu Rosyidin_Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran PAI materi pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Abbasiyah pada kelas VIII SMPN 1 Slahung seharusnya telah diintegrasikan dengan kemajuan teknologi, sehingga dihasilkannya proses pembelajaran yang berkualitas, dengan mengedepankan media pembelajaran berbasis teknologis, dan dapat membawa hasil yang cukup signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik sesuai dengan tuntuan pembelajaran abad 21. Namun perekonstruksian akan hal tersebut masih tak kunjung untuk dilakukan, sebagai akibat dari minimnya inovasi yang dilakukan oleh pendidik, dan berimbas terhadap pola dan kontur pembelajaran yang kemudian berhilir pada rendahnya tingkat kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VIII.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan dan menghasilkan produk berupa media pembelajaran PAI aplikasi Aku, Kamu, dan Bani Abbasiyah (Akamsi) berbasis android pada materi pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Abbasiyah bagi siswa kelas VIII SMPN 1 Slahung; serta (2) menganalisis pengaruh pengembangan media pembelajaran PAI aplikasi Aku, Kamu, dan Bani Abbasiyah (Akamsi) terhadap rasio peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMPN 1 Slahung pada materi pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Abbasiyah.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan metode research and development (R&D) dengan bentuk penelitian yang terakselerasi berdasarkan prosedur penelitian pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Pengambilan data dilakukan melalui observasi, wawancara, catatan lapangan, dokumentasi, angket validasi produk, dan instrumen tes kemampuan berpikir kritis. Partisipan penelitian berasal dari peserta didik kelas VIII B dan VIII D SMPN 1 Slahung, Dosen PAI dan TIK Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ponorogo, serta guru mata pelajaran PAI dan TIK SMPN 1 Slahung. Data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan enam tahap pengembangan pada prosedur ADDIE, uji validitas prosentase keberhasilan aplikasi, uji validitas instrumen tes dengan korelasi product moment, uji reliabilitas instrumen tes dengan varians dan KR-20, uji homogenitas levene data dengan varians, serta uji tingkat kemampuan berpikir kritis dengan uji t berkomparasi.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa (1) proses pengembangan media pembelajaran PAI aplikasi Aku, Kamu, dan Bani Abbasiyah (Akamsi) berbasis android dilakukan menggunakan prosedur ADDIE menggunakan software Microsoft Power Point, I Spring Suite 9, Java, dan Web 2 Apk Builder. Dan (2) hasil pengimplementasian media pembelajaran PAI aplikasi Aku, Kamu, dan Bani Abbasiyah (Akamsi) berbasis android dapat dikatakan berhasil, karena rata-rata hasil kemampuan berpikir kritis kelas VIII D selaku kelas uji coba dengan hasil 86,2963, lebih baik dibandingkan rerata hasil kemampuan berpikir kritis kelas VIII B selaku kelas kontrol dengan hasil 71,4815.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Safiruddin Al Baqi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Nov 2023 04:27
Last Modified: 15 Nov 2023 04:27
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25961

Actions (login required)

View Item View Item