Pandangan Tokoh Agama Ponorogo Terhadap Pergaulan Pasca Peminangan Di Desa Singkil Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo

Maghfiroh, Erisa Febriana (2023) Pandangan Tokoh Agama Ponorogo Terhadap Pergaulan Pasca Peminangan Di Desa Singkil Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
upload skripsi erisa febriana maghfiroh 101190132.pdf

Download (1MB)

Abstract

Maghfiroh, Erisa Febriana. Nim. 101190132. Pandangan Tokoh Agama Ponorogo Terhadap Pergaulan Pasca Peminangan di Desa Singkil Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo. Skripsi Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Anis Hidayatul Imtihannah.
Kata Kunci: Khitbah, Tokoh Agama, Hukum Islam.

Masa peminangan merupakan pintu gerbang atau proses awal menuju pernikahan, dimana hal ini dimaksudkan agar kedua calon pasangan pengantin dapat saling mengenal secara karakter dan kepribadian antara keduanya sehingga dapat saling memantapkan diri untuk melanjutkan ke jenjang pernikahan. Dalam masa ini kedua calon pasangan pengantin diharapkan untuk dapat memahami etika pergaulan dalam proses peminangan. Penelitian ini memilih lokasi kajian di Desa Singkil Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo untuk dapat mengkaji etika pergaulan pasangan pra nikah. Dalam praktik di lapangan kedua calon pasangan di perbolehkan kedua orangtua untuk sering berjumpa atau bepergian berdua, jalan-jalan, berboncengan.
Dari permasalahan tersebut muncul sebuah pertanyaan mengenai pergaulan pasca khiṭbah. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu 1) Bagaimana Argumentasi Tokoh Agama Ponorogo terhadap Pergaulan Pasca Peminangan di Desa Singkil Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo.2) Bagaimana Analisis Hukum Islam Terhadap Pergaulan Pasca Peminangan Di Desa Singkil Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo?
Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus dan jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan kata lain yuridis-empiris atau lapangan. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Lokasi penelitian ini di Desa Singkil Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo.Hasil penelitian ini yaitu: 1) Perilaku pasangan calon pengantin selama masa khiṭbah di Desa Singkil Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo tidak patuh terhadap hukum islam, pasangan calon pengantin laki-laki dan perempuan tersebut menganggap jika sudah melakukan peminangan mereka sudah bisa pergi berdua, berboncengan, ngobrol berdua. Di dalam hukum islam hal tersebut tidak diperbolehkan, apabila terpaksa harus pergi harus ditemani wali atau saudaranya agar tidak terjadi fitnah dan hal-hal yang tidak diinginkan. 2) Tokoh Agama Ponorogo memiliki persamaan pandangan yaitu tidak setuju dengan fenomena perilaku pasangan pasca khiṭbah di Desa Singkil Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo, tetapi mereka memiliki perbedaan dalam argumentasi terhadap fenomena tersebut yaitu yang pertama Mochammad Ulin Nuha Khoirun Nawa dan M. Romdlon Fauzi, menurutnya sudah jelas disebutkan dalam Al Quran surah An Nur ayat 30-31 tentang perintah untuk menjaga pandangan, sementara tokoh yang lain yaitu Muhamad Asvin Abdur Rohman mengatakan bahwa di dalam Al Quran surah Al Isra ayat 32 sudah dijelaskan tentang larangan mendekati zina.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Anis Hidayatul Imtihanah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Nov 2023 01:33
Last Modified: 15 Nov 2023 01:33
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25949

Actions (login required)

View Item View Item