..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PENGESAHAN, UPLOAD ULANG)..Analisis Manajemen Konflik dalam Penyelesaian Sengketa Tanah Wakaf di Kota Madiun

Ardiyah, Datik (2023) ..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PENGESAHAN, UPLOAD ULANG)..Analisis Manajemen Konflik dalam Penyelesaian Sengketa Tanah Wakaf di Kota Madiun. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
ethesis wakaf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Meskipun undang-undang sudah mengatur sedemikian rupa mengenai aturan tentang wakaf khususnya mengenai sertifikasi tanah wakaf, namun keadaan yang terjadi di lapangan tak sesuai dengan apa yang dicita-citakan. Pelaksanaan wakaf yang dilakukan masyarakat belum sepenuhnya berjalan tertib dan efisien, sehingga dapat menimbulkan permasalahan. Salah satu permasalahan tanah wakaf ini ditemui di Kota Madiun.
Secara umum, pelaksanaan wakaf tanah di Kota Madiun berjalan dengan lancar, namun beberapa persoalan terkait tanah wakaf masih bisa kita temui di lapangan. Permasalahan-permalahan tersebut pada akhirnya akan mengakibatkan tujuan utama dari wakaf sendiri tidak tercapai secara maksimal. Pada dasarnya, tujuan akan tercapai ketika semua pihak terkait bekerjasama untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Hilangnya unsur kerjasama bukan tidak mungkin akan berujung pada munculnya konflik. Meskipun konflik menjadi sesuatu kejadian yang tidak dapat dihindari oleh siapa pun, namun bukan berarti konflik tidak dapat diselesaikan. Manajemen konflik merupakan salah satu metode yang bisa digunakan untuk mengendalikan atau mengakhiri konflik yang pada ujungnya akan bermuara pada tercapainya tujuan yang dicita-citakan.
Berdasarkan latar belakang tersebut, penulis tertarik untuk meneliti lebih dalam tentang permasalahan wakaf yang ada di Kota Madiun serta manajemen konflik dalam penyelesaian masalah wakaf di Kota Madiun. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengalisis fenomena konflik tanah wakaf di Kota Madiun dan untuk menganalisis manajemen konflik dalam penyelesaian permasalahan tanah wakaf di Kota Madiun.
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan, yang menggunakan metode penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah dengan pendekatan sosiologi. Adapun hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa pertama, fenomena konflik tanah wakaf di Kota Madiun sangat beragam diantaranya adalah permasalahan terkait sertifikat tanah wakaf dan permasalahan terkait dengan wakif dan nadzir. Kedua, manajemen konflik dalam menyelesaikan permaslahan tanah wakaf di Kota Madiun diselesaikan berdasarkan dengan arahan atau masukan yang diberikan oleh Kepala KUA selaku Pejabat Pembuat Akta Ikrar Wakaf. Ada 4 gaya yang digunakan oleh KUA di Kota Madiun yakni gaya dominan, gaya mengikuti kemauan, gaya kolaborasi dan gaya kompromi. Kepala KUA akan mempertimbangkan berbagai alternative penyelesaian dan memilih sebuah gaya dianggap tepat untuk situasi konflik.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Miftahul Huda Rohmah Maulidia
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Nov 2023 01:32
Last Modified: 15 Nov 2023 01:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25944

Actions (login required)

View Item View Item