Tinjauan Maslahah Ash-Shatibi Terhadap Pernikahan Mahasiswa Aktif (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Syari'ah IAIN Ponorogo)

Lutfiatus Sholikhah, Prysilla (2023) Tinjauan Maslahah Ash-Shatibi Terhadap Pernikahan Mahasiswa Aktif (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Syari'ah IAIN Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
NASKAH SKRIPSI PRYSILLA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Mahasiswa aktif dalam lingkungan Fakultas Syar’iah IAIN Ponorogo memiliki sudut pandang tersendiri terkait pernikahan yang mereka lakukan pada saat masih menjadi mahasiswa aktif tak hanya itu di dalam pernikahan mereka pastinya mendatangkan maslahah dan madharat. Hal tersebut dikaji berdasarkan sudut pandang maslahah Al-Shati>bi>, karena dalam sudut pandangan Maslahah Al-Shati>bi> memiliki aspek tersendiri dalam melihat maslahah Al-Shati>bi>.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pernikahan mahasiswa aktif Fakultas Syari’ah IAIN Ponorogo menurut maslahah Al-Shati>bi> dan bagaimana dampak pernikahan mahasiswa aktif Fakultas Syari’ah IAIN Ponorogo.
Adapun skripsi ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan bersifat deduktif yakni memaparkan teori terlebih dahulu kemudian dilanjutkan dengan fakta dan di akhiri dengan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah bahwa pernikahan mahasiswa aktif Fakultas Syari’ah ini sesuai dengan maslahah Al-Shati>bi> karena mereka menikah yaitu untuk menjaga agama, menjaga diri, menjaga akal, menjaga keturunan dan agama. Dampak pernikahan pada masa studi, dampak positif sesuai dengan konsep Al-Shati>bi> diantaranya yaitu menjaga agama dengan menghindari zina, menjaga akal, diri dengan menikah mereka menjadi lebih bahagia dan mereka menikah ingin mendapatkan keturunan yang soleh dan solihah sesuai dengan maslahat Al-Shati>bi>. Dampak negatif dari pernikahan itu sendiri mereka menjadi kelabakan dalam menyelesaikan tugas karena memiliki peran ganda tetapi hal itu tidak berpengaruh besar terhadap pernikahan mereka.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Novi Fitia Maliha
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Nov 2023 08:20
Last Modified: 14 Nov 2023 08:20
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25938

Actions (login required)

View Item View Item