Implementasi Metode Wafa Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Kelas Dewasa di BBA (Bimbingan Belajar Al-Qur'an) Rumah Kita Ponorogo

Saraswati, Diana (2023) Implementasi Metode Wafa Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Kelas Dewasa di BBA (Bimbingan Belajar Al-Qur'an) Rumah Kita Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190060_DIANA SARASWATI__PAI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Saraswati, Diana. 2023. Implementasi Metode Wafa dalam Meningkatkan Kemampuan
Membaca Al-Qur’an Kelas Dewasa di BBA (Bimbingan Belajar Al-Qur’an) Rumah
Kita Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Arif
Wibowo, M.Pd.I.
Kata Kunci: Metode Wafa, Kemampuan Membaca Al-Qur’an
Kemampuan membaca Al-Qur’an ialah kemampuan dalam melafalkan ayat-ayat Al-
Qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah tajwid. Namun realitanya bisa dilihat bahwa
orang dewasa masih awam bacaan Al-Qur’annya hanya sekadar membacanya saja dan belum
sesuai dengan kaidah tajwid. Hal ini terjadi pada latar belakang santri kelas dewasa di BBA
Rumah Kita. Oleh karena itu, santri kelas dewasa mulai belajar Al-Qur’an dengan baik dan benar
sesuai dengan kaidah tajwid dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’annya melalui
metode wafa dengan mengutamakan makharijul huruf, sifat-sifat huruf, tajwid, dan ditambah
dengan ghorib. Dengan demikian, adanya metode wafa sebagai metode belajar Al-Qur’an dapat
dengan mudah meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri kelas dewasa dengan baik
dan benar sesuai dengan kaidah tajwid.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Implementasi Metode Wafa dalam
Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Kelas Dewasa di BBA Rumah Kita Ponorogo;
dan (2) Faktor Pendukung dan Penghambat Implementasi Metode Wafa dalam Meningkatkan
Kemampuan Membaca Al-Qur’an Kelas Dewasa di BBA Rumah Kita Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif
deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah Direktur, pengajar tahsin kelas dewasa,
admin, dan santri tahsin kelas dewasa BBA Rumah Kita Ponorogo. Teknik pengumpulan data
diperoleh dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pada teknik analisa
data, peneliti menggunakan model Miles, Huberman, dan Saldana yang meliputi data
condensation (kondensasi data), datadisplay (penyajian data), dan conclusion drawing /
verification (penarikan kesimpulan dan verifikasi).
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: (1) implementasi metode wafa dalam
meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an kelas dewasa di BBA Rumah Kita Ponorogo,
yaitu perencanaan meliputi proses penyusunan materi lebih fleksibel disesuaikan dengan
kurikulum lembaganya atau membuat acuan sendiri. Pelaksanaan meliputi ustadzah sebagai
pengajar yang sudah bersertifikat wafa, santri dewasa dari mahasiswi, siswi SMA, dan ibu rumah
tangga, materi pembelajaran dari jilid 1-5, tajwid dan ghorib yang bersumber dari buku tilawah,
tajwid dan ghorib, metode penyampain dengan klasikal baca simak dan privat baca simak.
Kegiatan belajar mengajar dengan diawali salam, doa, murajaah surat Juz 30, setoran hafalan Juz
30, pemberian materi dengan klasikal baca simak, santri setoran secara individu ke ustadzah
menyimak dan menilai, doa penutup dan salam. Evaluasi dilaksanakan dengan menggunakan
tiga penilaian yaitu penilain harian, penilaian pasca jilid, dan penilaian dari jilid ke tahsin Al-
Qur’an berupa ujian tilawah, tajwid, dan ghorib. (2) Faktor pendukung baik dari internal maupun
eksternal implementasi metode wafa dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an
kelas dewasa di BBA Rumah Kita Ponorogo, diantaranya keadaan jasmani yang baik dan
optimal pada santri, adanya motivasi dan minat dari dalam diri santri untuk belajar Al-Qur’an,
waktu dan letak gedung yang berbeda sehingga memudahkan santri bisa memilih untuk belajar
Al-Qur’an sesuai dengan waktu luang santri, menjalin hubungan perteman yang baik, guru atau
ustadzah yang berpengalaman mengajar dan sudah bersertifikat serta adanya evaluasi guru setiap
sebulan sekali, sarana dan prasaran yang memadai. Faktor penghambat, baik dari internal
maupun eksternal diantaranya: adalah santri absen izin karena sakit dan keadaan cuaca yang
kurang mendukung ketika musim penghujan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Wibowo
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Nov 2023 02:19
Last Modified: 14 Nov 2023 02:19
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25931

Actions (login required)

View Item View Item