Efektivitas Penyaluran Dana Zakat, Infaq Dan Shadaqah Melalui Program Bedah Rumah (Studi Pada Lembaga Baznas Kabupaten Trenggalek)

Afifah, Marlina Nur (2023) Efektivitas Penyaluran Dana Zakat, Infaq Dan Shadaqah Melalui Program Bedah Rumah (Studi Pada Lembaga Baznas Kabupaten Trenggalek). Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
MARLINA NUR AFIFAH PP.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya penyaluran bantuan bedah rumah melalui Baznas Trenggalek yang disalurkan kepada masyarakat. Dengan adanya hal ini penyaluran dana zakat dalam program pembangunan bedah rumah diseluruh kecamatan yang ada dikabupaten Trenggalek apakah sudah sesuai dengan kriteria yang seharusnya dan apakah penyaluran program bedah rumah sudah tepat sasaran. Selain itu Baznas Trenggalek dalam melakukan program pembagunan bedah rumah mengalami kendala serta tantangan yang ada dihadapi dari kalangan masyarakat maupun dari pihak Baznas sendiri.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data Peneliti menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti melakukan wawancara dengan pihak Baznas (Ketua dan Staff bidang penghimpunan, Ketua dan Staff Bidang pendistribusian dan pendayagunaan, serta bidang perencaanaan keuangan dan pelaporan) dan peneliti melakukan wawancara kepada pihak penerima bantuan bedah rumah dari Baznas kabupaten Trenggalek. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah metode induktif.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas penyaluran dana zakat pada Baznas Trenggalek dalam program pembagunan bedah rumah, untuk mengetahui dan menganalisis penyaluran program bedah rumah sudah tepat sasaran berdasarkan skala prioritas, serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan program bedah rumah.
Hasil kesimpulan dalam penelitian ini adalah menunjukkan bahwa pola penyaluran dana zakat pada Baznas Trenggalek melalui program pembangunan bedah rumah menggunakan manajemen dari perencanaan, pelaksanna, pengawasan, dan evaluasi. Pelaksanaan program bedah rumah tidak layak huni sudah berjalan dengan cukup efektif tetapi dalam pelaksanaanya. Penerima bantuan bedah rumah Baznas telah tepat sasaran berdasarkan skala prioritas yang diantaranya penerima bantuan bedah rumah sudah melengkapi semua persyaratan, penilaian kerusakan atau kelayakan huni rumah, tidak penerima bantuan dari pemerintah yang disesuaikan dengan kategori keluarga penerima bantuan sehingga bantuan bedah rumah sudah diberikan kepada orang-orang yang benar membutuhkan yang memiliki rumah sudah tidak layak huni. Faktor penghambat diantaranya kurangnya gotong royong dari warga sekitar apabila penerima bantuan bedah rumah ada di daerah kota, surat kepemilikan tanah yang masih gabung dengan orang tua atau saudara, lokasi yang sulit untuk dijangkau, kurang lengkapnya persyaratan calon penerima bantuan bedah rumah padahal secara fisik layak dibantu, kurangnya SDM yang dimiliki oleh Baznas kabupaten Trenggalek, Dana yang digunakan sebagai bantuan bedah rumah terbatas. Faktor pendukung untuk penerma bantuan daerah pedesaan antusisas masyarakat sangat baik dan kerja sama yang totalitas.
Kata Kunci : Program Bedah Rumah, Efektivitas, Skala Prioritas.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Iza Hanifuddin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Nov 2023 02:15
Last Modified: 14 Nov 2023 02:15
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25926

Actions (login required)

View Item View Item