Manajemen Program Muhadharah dalam Pembentukan Karakter Kedisiplinan Santri Baru di Pondok Pesantren Al-Barokah Ponorogo

Khasanah, Maslikhatul (2023) Manajemen Program Muhadharah dalam Pembentukan Karakter Kedisiplinan Santri Baru di Pondok Pesantren Al-Barokah Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
206190044_Maslikhatul K_Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Khasanah, Maslikhatul. 2022, Manajemen Program Muhadhoroh Dalam Pembentukan Karakter Kedisiplinan Santri Baru di Pondok Pesantren Al-Barokah Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Aris Nurbawani, M.M.

Kata Kunci: Manajemen, Program Muhadahoroh, Pembentukan Karakter
Dalam studi tentang pendidikan, Programme for International Student Assessment (PISA) mengungkapkan dari 65 negara yang dilibatkan dalam penelitian tentang kedisiplinan peserta didik, Indonesia menempati urutan ke 19 dengan persentase murid yang tertib sebesar 79%. Melihat fakta yang dipaparkan diatas, maka perlu adanya penerapan nilai-nilai kedisiplinan yang serius di semua lembaga pendidikan sebagai sosial control yang diharapkan.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan dan menganalisis perencanaan program muhadharah dalam pembentukan karakter kedisiplinan santri baru di Pondok Pesantren Al-Barokah Ponorogo. (2) mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan program muhadharah dalam pembentukan karakter kedisiplinan santri baru di Pondok Pesantren Al-Barokah (3) mendeskripsikan dan menganalisis evaluasi program muhadharah dalam pembentukan karakter kedisiplinan santri baru di Pondok Pesantren A-Barokah Ponorogo
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang terjadi di Pondok Pesantren Al-Barokah Ponorogo. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan meliputi: kondensasi data, penyajian data, serta verifikasi dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Perencanaan program muhadharah dalam pembentukan karakter kedisiplinan santri di Pondok Pesantren Al-Barokah Ponorogo adalah menentukan kegiatan muhadharah, penjadwalan program muhadharah, pembagian tugas program muhadharah, melalui rapat tahunan. 2) Pelaksanaan program muhadharah dalam pembentukan karakter kedisiplinan santri di Pondok Pesantren Al-Barokah Ponorogo memiliki beberapa tahapan: a) Pra pelaksanaan terdapat beberapa hal diantaranya: pembagian kelompok kelas dan pembagian tugas muhadharah. b) Pelaksanaan program muhadharah dalam pembentukan karakter kedisiplinan santri di Pondok Pesantren Al-Barokah Ponorogo yaitu meliputi: mengkoordinir santri, sholawatan, memasuki acara inti, dan terakhir hiburan dari santri. Pembentukan karakter kedisiplinan melalui program muhadharah dengan cara: menumbuhkan kesadaran, memberikan keteladanan, menegakkan peraturan, komunikasi yang baik, pemberian nasihat. 3) Evaluasi program muhadharah dalam pembentukan karakter kedisiplinan santri di Pondok Pesantren Al-Barokah Ponorogo meliputi proses evaluasi, hasil evaluasi, dan tindak lanjut.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Aris Nurbawani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Nov 2023 02:36
Last Modified: 13 Nov 2023 02:36
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25917

Actions (login required)

View Item View Item