Manajemen Sarana Prasarana Pendidikan Dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik di MAN 2 Ponorogo

Rahman, Alfian Auliya (2023) Manajemen Sarana Prasarana Pendidikan Dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik di MAN 2 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
206180004 Alfian Auliya Rahman MPI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Rahman, Alfian Auliya 2023 Manajemen Sarana Prasarana dalam upaya meningkatkan prestasi peserta didik di MAN 2 Ponorogo. Skripsi, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri IAIN Ponorogo. Pembimbing Drs Mukhibat M.Ag.

Kata Kunci: Manajemen, Sarana Prasarana, Prestasi, Peserta Didik
Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan sehingga tanpa pendidikan maka manusia tidak akan mengetahui banyak hal. Pendidikan merupakan sesuatu hal yang sangat penting yang harus ada pada setiap manusia.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Perencanaan sarana prasarana dalam upaya meningkatkan prestasi peserta didik di MAN 2 Ponorogo, (2) Pengadaan sarana prasarana dalam upaya meningkatkan prestasi peserta didik di MAN 2 Ponorogo (3) Pemeliharaan sarana prasarana dalam upaya meningkatkan prestasi peserta didik di MAN 2 Ponorogo (4) Pengawasan sarana prasarana dalam upaya meningkatkan prestasi peserta didik di MAN 2 Ponorogo.
Penelitian ini didesain dalam bentuk penelitian kualitatif, dengan lokasi penelitian di MAN 2 Ponorogo. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu model Miles, Huberman dan Saldana yang meliputi kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil analisa dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1). Dalam perencanaan yang telah dilakukan oleh MAN 2 Ponorogo yaitu membuat jadwal rapat dengan kepala sekolah untuk menentukan pihak yang terlibat, kemudian menentukan kebutuhan berdasarkan skala prioritas. 2). Dalam pengadaan yang telah dilakukan oleh MAN 2 Ponorogo yaitu pembelian barang dengan kriteria tertentu dan memaksimalkan anggaran. 3). Dalam pemeliharaan yang telah dilakukan oleh MAN 2 Ponorogo yaitu melakukan pemeliharaan rutin dan terjadwal oleh pihak yang terlibat. 4). Pengawasan sarana prasarana di MAN 2 Ponorogo dilakukan dengan melibatkan seluruh warga sekolah. Siswa yang mengetahui terjadinya kerusakan pada sarana prasarana khususnya dalam mendukung prestasi maka akan melaporkan pada wakil kepala bagian sarana prasarana sekolah untuk segera diperbaiki.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhibat
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Nov 2023 02:32
Last Modified: 13 Nov 2023 02:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25913

Actions (login required)

View Item View Item